Pembekalan Pegawai Baru Ditjen Perbendaharaan Tahun 2009

Jakarta &ndash Acara &ldquoPembekalan Pegawai Baru Tahun 2009&rdquo diadakan Bagian Pengembangan Pegawai Sekretariat Ditjen Perbendaharaan mulai tanggal 8 s.d. 18 Januari 2009. Pembukaan pembekalan bagi 29 pegawai baru yang bertempat di Gedung Prijadi Praptosuhardjo dihadiri oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Bapak Herry Purnomo, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Bapak Siswo Sujanto, dan segenap Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Ditjen Perbendaharaan.

pengarahanPada kesempatan itu, Bapak Herry Purnomo menjelaskan tentang organisasi Ditjen Perbendaharaan terkait sejarah singkatnya, visi dan misi, fungsi, serta peranan strategis DJPBN. Selanjutnya, Beliau menyampaikan pesan kepada para pegawai baru agar memahami fungsi perbendaharaan dan pelayanan yang mengedepankan profesionalisme serta integritas dalam bekerja di lingkungan Departemen Keuangan, khususnya Ditjen Perbendaharaan.


Setelah acara pembukaan, para pegawai baru Ditjen Perbendaharaan juga mendapat penjelasan sejumlah materi tentang pengetahuan teknis di Treasury Learning Center (TLC). Materi yang disampaikan mencakup tugas pokok dan fungsi DJPBN, cash management, pokok-pokok pengelolaan keuangan Negara, mekanisme pelaksanaan anggaran, badan layanan umum, sistem akuntansi dan pelaporan keuangan instansi pemerintah, sistem manajemen investasi, perencanaan karir, strategi pengembangan pegawai, kinerja KPPN Percontohan, peran Kanwil DJPBN, pola penyusunan sistem perbendaharaan, serta aplikasi SP2D dan SAKPA. Materi-materi tersebut disampaikan oleh para pejabat di lingkungan Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, Kepala Kanwil IX DJPBN Pangkalpinang, dan Kepala KPPN Percontohan Jakarta I. Dengan demikian, para pegawai baru diharapkan dapat menguasai hard skills yang dibutuhkan DJPBN

TLCDalam pembekalan tersebut, para pegawai baru mendapat kesempatan berharga mendengar penjelasan dari Bapak Siswo Sujanto. Beliau membuka cakrawala berpikir para pegawai baru tentang perbedaan antara public sector dan private sector. Perbedaan ini mencakup tujuan pengelolaan keuangan negara, siklus dan implementasi pengelolaan keuangan negara, prinsip-prinsip yang mendasari keuangan negara, serta pemisahan kewenangan pengelola keuangan negara. Lebih lanjut, Beliau menyimpulkan dampak perbedaan kedua sektor tersebut yang tercermin dari organisasi DJPBN.

Pada hari keenam dan ketujuh, para pegawai baru juga diberi kesempatan mengunjungi Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Direktorat Sistem Perbendaharaan, KPPN Jakarta I, KPPN Tangerang, dan KPPN Bekasi. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat lebih dekat business process yang dilakukan unit-unit kerja tersebut. Pada kesempatan tersebut, mereka diperkenalkan dengan dokumen, suasana dan pola kerja di DJPBN sehingga memiliki pemahaman tentang lingkungan kerja yang sesungguhnya yang akan mereka hadapi.

Selain hard skills, para peserta pembekalan tersebut juga dibekali dengan soft skills terkait kesiapan bekerja (ready to work) di instansi Departemen Keuangan. Hal ini untuk menyiapkan mindset para pegawai baru sesuai reformasi birokrasi yang dirintis oleh Ditjen Perbendaharaan. Materi ini dipandu oleh Bapak Satria Hadi Lubis dari Life Management.

outbondUsai kegiatan tersebut, para peserta diberikan outdoor activities di daerah sejuk Cipanas Jawa Barat. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Pusdikmin POLRI. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan loyalitas terhadap organisasi, semangat kebersamaan, dan kemampuan menganalisa/menuntaskan masalah dalam waktu singkat. Malam hari sebelum melakukan kegiatan outbound, Bagian Pengembangan Pegawai yang diwakili oleh Bapak Saiful Islam memberikan gambaran tentang budaya organisasi (organizational culture) DJPBN. Keesokan harinya, Tim Pusdikmin POLRI menyuguhkan sejumlah game yang bertujuan untuk membangun kerjasama tim, kepemimpinan, strategi, kejujuran, dan tekad yang Kuat.

Seusai melakukan kegiatan outbound, para peserta diajak untuk mengevaluasi setiap manfaat dan pesan yang terkandung pada setiap permainan sehingga para pegawai baru dapat memadukan secara optimal antara hard competency dan soft competency mereka untuk meningkatkan kinerja individu, tim, dan organisasi.

penutupanDalam kesempatan bertukar pikiran dan menyampaikan masukan tentang pelaksanaan pembekalan selama 9 hari tersebut, para peserta mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberikan pengetahuan tentang pelaksanaan tupoksi di Ditjen Perbendaharaan sehingga mereka memiliki gambaran yang komprehensif tentang pekerjaan dan lingkungan kerja yang akan mereka hadapi. Di akhir kegiatan pembekalan, para pegawai baru merasakan esprit de corps DJPBN yang terwujud dalam kekompakan, keterbukaan, dan semangat kerja yang tinggi.

Di penghujung acara pembekalan pegawai baru, atas nama Sekretaris Ditjen Perbendaraan, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai Ditjen Perbendaharaan, Bapak Bjardianto Pudjiono memberi sambutan dan sekaligus menutup acara tersebut. Beliau mengingatkan para pegawai baru untuk selalu mengembangkan hard skills dan soft skills yang sudah mereka terima selama acara pembekalan. Menurut beliau,  hal ini terkait dengan produktivitas kerja dan dedikasi kepada negara. Akhirnya, atas nama pimpinan dan staf Ditjen Perbendaharaan, beliau mengucapkan selamat datang dan selamat berkarya kepada para pegawai baru.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search