Liputan Rakor Kanwil Makassar Dan Gorontalo - Persamaan Persepsi Dalam Mewujudkan Percepatan Realisasi Penyaluran Dana APBN Tahun Anggaran 2009

Kepala Kantor Wilayah, Ir. R. Prajono Soewongso dalam pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung tanggal 28 - 30 April 2009, menjelaskan bahwa perlu adanya persamaan persepsi mengenai beberapa aturan pelaksanaan perbendaharaan, peningkatan pelayanan melalui pelaksanaan Standar Operating Procedure (SOP) dan perubahan layout KPPN Percontohan pada KPPN non Percontohan, serta upaya pembangunan semangat pelayanan menuju pelayanan PRIMA.

Rakor yang diikuti oleh para pejabat eselon III Kanwil, para Kepala KPPN dan beberapa pejabat eselon IV lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) Provinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo dimaksudkan untuk mempercepat realisasi APBN tahun 2009 dikarenakan pencapaian yang kurang menggembirakan (12%) pada Triwulan I.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Pantai Gapura Makassar diawali dengan Laporan Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan sambutan pembukaan Kepala Kanwil. Acara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian penjelasan dari masing-masing Kepala Bagian dan Kepala Bidang Kanwil DJPBN Makassar dan Gorontalo.

Para Kepala KPPN mendapat kesempatan untuk menyampaikan penjelasan mereka pada hari kedua. Paparan mereka langsung mendapatkan pengarahan oleh Kepala Kanwil. Diharapkan dengan pembahasan yang menyeluruh baik dari segi teknis pelaksanaan maupun filosofi yang terkandung dalam peraturan terkait paparan tersebut, akan didapatkan pemahaman yang sama diantara para peserta Rakor.

    Untuk mendukung tujuan tersebut, maka panitia Rakor mengisi acara pada hari kedua dengan Rapat Komisi yang dibagi menjadi 4 kelompok komisi. Komisi A (Bagian Umum) membahas dan menyepakati masalah layout KPPN non Percontohan untuk mengikuti pola di KPPN Percontohan, kesiapan KPPN non Percontohan mengikuti SOP Percontohan, pemberdayaan halaman III DIPA serta time frame kegiatan  dan RAB, memahami indikator kinerja utama. Komisi B (Bidang Pembinaan Anggaran) membahas pelaksanaan PMPN Mandiri, penerapan halaman III DIPA, penyelesaian selisih pagu DIPA dan upaya meningkatkan pelayanan revisi DIPA. Komisi C (Bidang Pembinaan Perbendaharaan) membahas pelaksanaan TSA dan MPN, Bank Garansi, pemberian dispensasi, Cash Forecasting dan pelaksanaan penyerahan GPP. Komisi terakhir adalah Komisi D (Bidang AKLAP) yaitu  membahas mengenai rekonsiliasi harian antar seksi, rekonsiliasi pagu akhir bulan, tingkat kepatuhan satker. Penyajian laporan yang memuat data sesuai kebutuhan SATGAS Pemantau Realiasasi APBN.

Pelaksanaan Rakor ini ditutup pada jam 20.00 WITA setelah melakukan pembacaan hasil pembahasan dan kesepakatan oleh Ketua Panitia. Hasil rakor tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Kanwil. Sebagai lanjutan acara penutup, dilaksanakan acara ramah tamah di Pantai Losari dengan diiringi organ tunggal dan senandung ria masing-masing peserta.

Oleh: Dimas &ndash Kontributor Kanwil Makassar

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search