Penipuan Berkedok Pelatihan Pengadaan Barang Dan Jasa (PBJ)

Penipuan semakin marak terjadi di Indonesia. Semakin banyak cara yang digunakan oleh para penipu untuk membohongi para korbannya. Di bawah ini adalah salah satu penipuan yang ditujukan kepada para pegawai dengan berkedok Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang akan dilaksanakan oleh salah satu instansi pemerintah.
Sang penipu ini cukup mahir dalam membuat surat yang disampaikan kepada beberapa unit satuan kerja (satker) yang berada diseluruh Indonesia. Dalam surat yang dibuat oleh sang penipu tersebut, terlampir jadwal dan tempat pelaksanaan yaitu di salah satu hotel mewah di Jakarta. Sebagai informasi tambahan, kami saja belum pernah melaksanakan satu kegiatan pun di hotel tersebut.

Kami mendapat informasi bahwa sudah ada beberapa unit satker yang telah tertipu dengan pelatihan palsu tersebut. Ketika yang bersangkutan menghubungi nomor telepon yang tertera di surat pemanggilan, oknum penipu ini meminta penelepon untuk mengirim (transfer) uang sebagai biaya kegiatan pelatihan. Hal ini jelas-jelas bertolak belakang dengan keterangan dalam surat ilegal tersebut. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa para peserta tidak akan dibebankan biaya pelaksanaan kegiatan tersebut. Entah apa yang disampaikan oknum penipu tersebut sehingga sang penelepon mau mengikuti permintaan untuk mentransferkan uangnya ke rekening yang diminta oknum tersebut.

Sampai suatu ketika datang seorang perwakilan satker ke kantor kami untuk melakukan registrasi kegiatan tersebut. Beliau datang dari salah satu daerah di Kalimantan untuk mengikuti pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa yang menurutnya akan dilaksanakan di Jakarta. Setelah kami konfirmasi mengenai kegiatan tersebut, calon peserta ini pun akhirnya menyadari kesalahannya. 

Oleh sebab itu, artikel ini kami buat untuk mengingatkan teman-teman serta unit satker yang berada di seluruh indonesia agar dapat selalu berhati-hati terhadap penipuan berkedok pelatihan tersebut. Kami meminta agar seluruh unit satker yang mendapatkan surat pelatihan senada untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu dan tidak meladeninya apabila ada keharusan melakukan transfer uang untuk kegiatan tersebut. Hal ini kami patut tekankan karena selama ini kami tidak pernah melakukan pelatihan tersebut, apalagi dengan ketentuan meminta calon pesertanya mengirimkan uang ke sebuah rekening bank.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami lampirkan contoh surat palsu yang kami terima: unduh di sini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search