Melihat Pelayan-Pelayan Masyarakat Berpameran

Liputan Pameran Internasional Pelayanan Publik 2009
Bukan tanpa alasan bila selama tiga hari kemarin, 23 s/d 25 Juni 2009, Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) bersama dengan unit eselon I Departemen Keuangan lainnya membuka stand di sebuah perhelatan akbar yang bertajuk Pameran Internasional Pelayanan Publik 2009 (International Public Service Expo 2009) di Kartini Expo Center, Jln. Gatot Subroto, Jakarta. Dengan mengambil bagian sebagai peserta dalam acara itu, DJPBN berkesempatan untuk memperkenalkan kepada khalayak luas mengenai tugas, fungsi, dan peran yang dimiliki sebagai institusi pengelola keuangan negara. Di arena itu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan, ikon layanan prima DJPBN buah dari bergulirnya program Reformasi Birokrasi, dimunculkan sebagai menu andalan.
Antusiasme pengunjung untuk mengetahui layanan publik yang disediakan dan dijalankan oleh DJPBN cukup tinggi. Hal ini diakui oleh Teguh Subarkah, supervisor stan DJPBN, yang banyak mendapatkan pertanyaan mendetail dari pengunjung seputar peran dan fungsi DJPBN. Tidak hanya itu, pengunjung juga banyak menanyakan mengenai komitmen birokrasi reformasi yang telah diaktualisasikan dalam wujud KPPN Percontohan melalui model pelayanan prima-nya, yaitu cepat, tepat, tanpa biaya, dan akuntabel.
pameranPameran Internasional Pelayanan Publik 2009 merupakan sebuah perhelatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dalam rangka memperingati Hari Pelayanan Publik Internasional yang jatuh pada tanggal 23 Juni 2009. Selain diikuti oleh instansi-instansi pemerintah, pameran yang bertopik "Revitalisasi Birokrasi Pelayanan Publik untuk Kepemerintahan yang lebih baik" ini juga berhasil menghimpun peserta dari Badan Usaha Milik Negara/ Daerah (BUMN/D), perusahaan swasta yang mempunyai tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR), Lembaga Swadaya Masyarakat, dan organisasi-organisasi dari luar negeri semacam USAID. Komposisi peserta yang beragam ini didasari pada keinginan untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat atas berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh beberapa instansi penyedia layanan publik di seluruh Indonesia, serta untuk berbagi pengalaman dan visi dengan peserta pameran dari luar negeri.
pameranSebagai institusi yang terus menunjukan komitmennya dalam melakukan reformasi layanan kepada masyarakat, DJPBN sudah lama memahami bahwa komitmen pemerintah untuk membenahi sistem birokrasi pelayanan publik merupakan salah satu cara dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Perbaikan kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diharapkan dapat memperbaiki iklim investasi, meningkatkan daya saing bangsa, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam aspek psikologis-sosiologis, penyediaan layanan publik yang prima akan berimplikasi dalam memperbaiki citra pemerintah di benak masyarakat, yang pada akhirnya dapat menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Oleh: Hendy Sulistyo - Bagian Pengembangan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search