Menkeu: Saya Akan Bangga Menjadikan Indonesia Sebagai Contoh Keberhasilan Reformasi

Grand Launching Layanan Unggulan 20 Kanwil Ditjen Perbendaharaan
Jakarta, perbendaharaan.go.id. &ndash Reformasi birokrasi di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan tak mengenal kata berhenti. Setelah sukses membentuk 37 KPPN Percontohan dengan ciri pelayanan, cepat, transparan, akuntabel dan tanpa pungutan, Ditjen Perbendaharaan melakukan gebrakan reformasi yang lebih besar dan lebih luas. Hari ini dua puluh Kantor Wilayah dengan Layanan Unggulan Ditjen Perbendaharaan diluncurkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan reformasi birokrasi yang tiada henti dilakukan di Ditjen Perbendaharaan. Secara khusus, beliau memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Ditjen Perbendaharaan yang terus memperjuangkan pelaksanaan tata kelola dan proses bisnis yang baik  untuk mendukung reformasi birokrasi di Indonesia.

Sedikit menyinggung mengenai perpindahannya pada tempat penugasan terbaru sebagai Managing Director World Bank, salah satu Srikandi Indonesia yang pernah didaulat sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia tahun 2008 versi lembaga Emerging Market Forum dan Menteri Keuangan Terbaik di dunia tahun 2008 versi majalah Euro Money berjanji akan menjadikan keberhasilan reformasi ini sebagai contoh untuk negara-negara berkembang lainnya. &ldquoSaya akan bangga menjadikan Indonesia sebagai contoh keberhasilan menjalankan reformasi,&rdquo kata Menteri Keuangan saat memberikan sambutan dalam acara launching Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan di Jakarta tadi pagi. &ldquoTolong bantu saya untuk menjadikan bahan cerita yang makin baik lagi tentang Indonesia,&rdquo lanjut pejabat yang baru saja diangkat sebagai Managing Director World Bank ini.

Pencapaian keberhasilan beliau dalam menjadi yang terbaik di Asia, menurut Emerging Markets ada tiga alasan yang melatarbelakanginya. Pertama, pencapaian beliau dalam mendorong kinerja ekonomi Indonesia hingga mencapai di atas 6% tahun ini meskipun terdapat tekanan inflasi. Kedua, keberhasilannya dalam melakukan reorganisasi di lingkungan Kementerian Keuangan dan meletakkan dasar bagi reformasi birokrasi yang terfokus dan terkendali. Ketiga, sebagai figur utama dalam merealisasikan reputasi Indonesia sebagai outstanding borrower of the year untuk kawasan Asia.

Menjawab kekhawatiran akan nasib kelanjutan reformasi di kementerian yang dipimpinnya hampir lima tahun ini, Sri Mulyani menegaskan bahwa reformasi akan tetap berjalan meski tanpa ada dirinya sebagai pucuk pimpinannya. &ldquoReformasi sudah menjadi bagian dari jiwa kementerian keuangan,&rdquo tegasnya disambut tepuk tangan hadirin.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para satuan kerja. Keberhasilan reformasi pada KPPN Percontohan menjadi inspirasi untuk melanjutkan reformasi yang lebih luas. Pada hari ini kiTA 20 Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan dengan layanan Unggulan diresmikan. &ldquoMelengkapi layanan unggulan yang telah diterapkan pada KPPN, pada hari ini, Ditjen Perbendaharaan akan meluncurkan Layanan Unggulan terkait dengan pelaksanaan tugas Kanwil Ditjen Perbendaharaan,&rdquo kata Herry Purnomo, dalam laporannya di hadapan Menteri Keuangan tadi pagi. &ldquoUntuk mewujudkan layanan unggulan tersebut kami melakukan perbaikan dan penyempurnaan berupa layanan dengan konsep one stop service, pemanfaatan single database, dukungan SDM yang berkualitas, dan pemanfaatan teknologi informasi,&rdquo lanjutnya.

Acara grand launching layanan unggulan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan dihadiri oleh Pimpinan KPK, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Kepala BPKP, Sekjen Kementerian/Lembaga, serta Pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan.

Peresmian Kanwil Ditjen Perbendaharaan dengan layanan unggulan dilakukan secara serentak di 20 Ibu Kota Propinsi, tiga di antaranya disiarkan secara langsung di Medan, Makassar dan Denpasar. &rdquoHari ini secara serentak dilakukan peresmian Layanan unggulan Kanwil pada 20 Kanwil Ditjen Perbendaharaan, 3 diantaranya yaitu Kanwil Medan, Denpasar dan Makassar dilakukan secara live dengan acara peresmian yang saat ini berlangsung di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jakarta,&rdquo jelas orang nomor satu di Direktorat Jenderall Perbendaharaan ini.

Mengomentari reformasi yang berjalan di lingkungan Ditjen Perbendaharaan, Menteri Keuangan mengatakan bahwa kunci keberhasilan reformasi adalah pada perubahan mindset para pegawai. &rdquoTerwujudnya Good Governance dan Clean Government ditandai melalui adanya peningkatan kinerja yang disertai perubahan mindset seluruh jajaran Kementerian Keuangan,&rdquo kata Sri Mulyani.

Acara grand launching ditandai dengan pengguntingan pita yang dipasang melintang di pintu Ruang Pusat Pelayanan Kanwil XI Ditjen Perbendaharaan Propinsi DKI Jakarta oleh Menteri Keuangan. Selanjutnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, berjalan mengelilingi ruang-ruang pelayanan didampingii oleh Dirjen Perbendaharaan dan sejumlah pejabat Kementerian/Lembaga.

Denpasar, Bali
Sementara itu, dari Denpasar, Novri HS Tanjung, Reporter Media Center melaporkan bahwa puncak acara Grand Launching layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali berjalan dengan meriah. Perhelatan inii ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten III Administrasi Umum, Kantor Gubernur Bali, I Gusti Made Sujana, pada pukul 12.15 WITA.

Dalam sambutannya, I Gusti Made Sujana, mewakili Gubernur Bali, menyambut baik upaya perbaikan dalam melayani seluruh mitra kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali. &ldquoHari ini kita bersama menyaksikan bagaimana model pelayanan birokrat ditransformasi melalui pendekatan customer oriented dengan tujuan untuk mempermudah dan memperlancar proses penyelesaian semua jenis layanan utama yang menjadi tugas pokok dan fungsi Ditjen Perbendaharaan,&rdquo kata I Gusti Made Sujana.

Di acara yang sama, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ni Luh Putu Kumalawati menegaskan komitmen perubahan pada jajaran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali. &ldquoDibukanya Layanan Unggulan ini merupakan suatu niat kami selaku pengelola anggaran di wilayah Propinsi Bali untuk selalu berusaha secara terus menerus melakukan perubahan dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Proses pencairan anggaran dapat dilaksanakan secara akuntabel, transparan, cepat prosesnya, tepat jumlah dan waktu penyelesaiannya, serta tanpa dipungut biaya apapun,&rdquo tegas beliau.

Selanjutnya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Ni Luh Putu Kumalawati, memandu para tamu untuk meninjau secara langsung model pelayanan one stop service. One stop service merupakan wujud layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali.

Hadir sebagai undangan diantaranya,  Gubernur Propinsi Bali, seluruh  Unsur Muspida, Ketua DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, Walikota Denpasar, para Rektor Perguruan Tinggi di Provinsi Bali, Kepala Perwakilan BPK dan BPKP Provinsi Bali, Para Kepala Dinas, Kepala Satuan Kerja, Ketua Kadinda Provinsi Bali, serta Ketua Gapensi Provinsi Bali.

Makassar, Sulawesi Selatan
Menurut laporan Reporter Media Center, Tino A. Prabowo yang meliput pelaksanaan Peresmian Layanan Unggulan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Selatan, acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang. &ldquoSaya menyambut baik upaya Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Sulawesi Selatan yang terus menerus melakukan perbaikan dalam melayani seluruh mitra kerja selaku pemangku kepentingan khususnya dibidang perbendaharaan,&rdquo kata Agus Arifin Nu&rsquomang dalam sambutannya di Makassar tadi pagi.

Seperti di daerah lain yang menyelenggarakan acara launching, para tamu diajak meninjau secara langsung pusat pelayanan, dipandu oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sulawesi Selatan, R. Prajono Soewongso.

Dalam sambutannya, R. Prajono Soewongso mengatakan bahwa keberhasilan reformasi birokrasi di Ditjen Perbendaharaan, karena perubahan mindset SDM yang dimiliki. &ldquoLayanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan dilaksanakan oleh SDM dengan dengan mind set  yang sudah berubah sehingga semua pelaksanaan layanan bebas dari Kolusi, korupsi dan Nepotisme (KKN),&rdquo kata beliau dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan.

Medan, Sumatera Utara
Sementara dari Medan, Sumatera Utara, Reporter Media Center, Firman I. Santoso, dilaporkan bahwa Layanan Unggulan Kanwil II Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sumatera Utara diluncurkan bersamaan pagi ini. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil, Achmad Fadillah. Setelah menyimak sambutan Menteri Keuangan di Jakarta secara live melalui layar lebar, Achmad Fadillah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Medan menyampaikan sambutannya.

Layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sumatera Utara merupakan wujud dari proses reformasi yang terus berlangsung. Kesuksesan pembentukan KPPN Percontohan menjadi inspirasi peluncuran layanan unggulan ini. &ldquoLayanan unggulan Kanwil ini adalah upaya perbaikan yang terus kami lakukan untuk melayani para mitra kerja,&rdquo kata Achmad Fadillah dalam sambutannya.

Hadir dalam acara tersebut adalah para Pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sumatera Utara, para pimpinan bank pemerintah maupun swasta, Rektor Universitas Negeri Medan serta para Kuasa Pengguna Anggaran.

Genderang reformasi birokrasi di Ditjen Perbendaharaan sudah ditabuh sejak KPPN Percontohan digulirkan dua tahun lalu. Kini genderang tanda perang terhadap korupsi itu ditabuh lebih keras. Selamat atas grand launching layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Oleh: Media Center Ditjen Perbendaharaan
- Bambang Kismanto & Sugeng Wistriono &ndashJakarta
- Firman I. Santoso  &ndash Medan
- Tino A. Prabowo &ndash Makassar
- Novri Hendri S. Tanjung - Denpasar

Berita terkait dapat di lihat di link ini

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search