Learning From The Expert

Liputan International Workshop On Accrual Accounting
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Dalam menyusun strategi dan membuat solusi atas potensi permasalahan yang mungkin timbul dalam penerapan akuntansi berbasis akrual, pemerintah menghimpun masukan dari para experts dan stakeholders. Kegiatan tersebut dilakukan dalam kegiatan International Workshop on Accrual Accounting, dengan tema &ldquoHow To Move To Accrual Accounting &ndash Learning From The Expert&rdquo. Workshop dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, K.A. Badarudin, pada hari Kamis (17/6) di Hotel Nikko, Jakarta.

Berbagai bentuk upaya telah dan akan terus dilakukan oleh Pemerintah, dalam mensukseskan penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual. Selain peningkatan komitmen pimpinan, persiapan regulasi, sistem, dan peningkatan SDM, penyelenggaraan suatu workshop untuk mendikusikan implementation strategy dan potential problem solving juga sangat diperlukan.

Penyelenggaraan workshop kali ini berkat kerjasama antara World Bank dan Ditjen Perbendaharaan - Kementerian Keuangan. Dalam sambutannya, Country Director World Bank, Joachim von Amsberg menyampaikan bahwa World Bank sangat senang dapat bekerjasama dengan Indonesia dalam pengembangan sistem akuntansi.

workshopMateri disampaikan oleh Chairman of IPSAS Board sekaligus pakar dari Swiss -Andreas Bergmann, pakar dari Afrika Selatan - Gert Van Linde, Ketua Komite Kerja KSAP, dan Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - Ditjen Perbendaharaan. Narasumber menyampaikan international best practices dan pengalaman penerapan akuntansi berbasis akrual di Swiss dan Afrika Selatan, pemaparan penerapan standar yang existing, dan rencana penerapan SAP Berbasis Akrual di Indonesia.

K.A Badarudin dalam Keynote Speech mengatakan, &ldquoSaya mengharap kita dapat menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya dari para pakar tersebut, terutama mengenai strategi yang perlu dilakukan, permasalahan atau potensi permasalahan dan solusinya, serta pembelajaran dalam penerapan akuntansi berbasis akrual.&rdquo
workshopWorkshop ini akan diselenggarakan selama dua hari. Diikuti oleh peserta yang terdiri dari para praktisi dari Kementerian Keuangan, para praktisi dari kementerian negara/lembaga dan pemerintah daerah, auditor BPK, Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP), akademisi, dan observer.

Diharapkan workshop tersebut menghasilkan strategi implementasi akuntansi berbasis akrual dan pengembangan penganggaran, akuntansi, dan pelaporan keuangan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan negara Indonesia. Tentu saja, untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara untuk rakyat dan bangsa Indonesia.

Oleh : Novri H.S. Tanjung dan Tino A. Prabowo &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search