Gempa Guncang Pulau Biak, KPPN Serui Rusak

Serui & Biak, perbendaharaan.go.id - Gempa mengguncang pulau Biak Papua. KPPN Serui mengalami beberapa kerusakan. Gempa tersebut berkeKuatan 7,1 SR, terjadi hanya berselang 10 menit dari gempa pertama yang berkeKuatan 6,2 SR. Gempa yang berpotensi tsunami itu terjadi sekitar pukul 12.16 WIT, Rabu 16 Juni 2010.

Pusat lokasi gempa berada pada 2.17 Lintang Selatan (LS) dan 136.59 Bujur Timur (BT). Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada pada jarak sekitar 123 kilometer arah Tenggara Biak, Papua. Setelah gempa 7,1 SR, terjadi dua gempa susulan. Gempa susulan pertama berkeKuatan 5,3 SR dan kedua dengan keKuatan 6,6 SR. Lokasi gempa susulan itu tidak jauh dari titik pertama.

Gempa terjadi pada saat jam istirahat kantor. Sehingga, hanya sebagian pegawai KPPN Serui yang berada didalam gedung. Mereka berhamburan keluar menyelamatkan diri. Bahkan selanjutnya, mereka mengungsi di perbukitan karena beredar kabar gempa tersebut berpotensi tsunami. Beruntung tidak ada korban jiwa dari pihak keluarga besar KPPN Serui dalam kejadian ini. Kepala KPPN Serui, Didik Muryadi mengatakan, &ldquoKami patut bersyukur, keluarga besar KPPN Serui masih dilindungi oleh-Nya.&rdquo Ujar beliau saat dihubungi oleh perbendaharaan.go.id.

Sementara itu, beberapa tembok dan pilar di KPPN Serui retak. Meja dan rak ruang arsip rusak berat. Tempat parkir kendaraan pegawai dan pagar kantor sepanjang 10 meter roboh. Jaringan telepon dan listrik untuk sementara waktu terputus. Malam hari pasca gempa, hingga keesokan harinya (17/6), para pegawai KPPN Serui melakukan konsinyir untuk menjaga keamanan kantor. Pada hari Jumat (18/6) KPPN serui telah beroperasi kembali untuk melakukan kegiatan pelayanan seperti biasa.

Kondisi KPPN Biak
Selain di KPPN Serui, KPPN Biak turut merasakan guncangan gempa yang sama. Namun, letak KPPN Biak relatif lebih jauh dari pusat gempa, sehingga seluruh pegawai selamat dan gedung KPPN Biak tidak mengalami kerusakan. Saat dihubungi, Kasubbag Umum KPPN Biak mengatakan, &ldquo Kami sudah periksa keadaan kantor, kondisi KPPN Biak tidak mengalami kerusakan. Pegawai hanya mengalami mual-mual saja karena goncangan.&rdquo

Foto selengkapnya dapat dilihat disini


Oleh : Novri H.S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search