Direktur Jenderal Perbendaharaan Gelar Acara Buka Bersama

Liputan Buka Bersama Kantor Ditjen Perbendaharaan
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Ramadhan bulan yang penuh berkah. Mengajak berbuat baik dan berprestasi sangat mudah di bulan ini. Moment ini digunakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai sarana memotivasi pegawai untuk meraih prestasi. Melalui acara buka bersama yang digelar di kantor pusat Ditjen Perbendaharaan, Selasa, 31 Agustus 2010, Dirjen Perbendaharaan meminta kepada seluruh pegawai untuk menjaga dan mengawal reformasi birokrasi yang berjalan.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo, meminta kepada para pegawai agar menjadikan puasa berbekas bagi organisasi maupun diri sendiri.

&ldquoBuka bersama ini adalah satu kegiatan dalam rangka mengisi ramadhan,&rdquo kata Herry Purnomo di hadapan pegawai yang hadir. &ldquoJangan hanya sekedar kewajiban. Tapi jadikan puasa ini sebagai kebutuhan. Kalau puasa itu menjadi kebutuhan,akan tercermin dalam pelaksanaan tugas di posisi masing dalam mengabdi kepada bangsa melalui DJPBN,&rdquo lanjut beliau. &ldquoMengabdi kepada umat melalui DJPBN,&rdquo lanjut orang nomor satu di DJPBN ini.

Herry Purnomo mengharapkan kepada seluruh pegawai agar puasa kali ini memberikan bekas baik bagi organisasi maupun bagi diri sendiri. &ldquoSaya berharap puasa kita berbekas baik pada organisasi maupun kepada diri sendiri.  Sebagaimana firman Allah Al Baqoroh ayat 183 bahwa kita diwajibkan berpuasa untuk menjadi orang yang bertakwa,&rdquo kata Direktur Jenderal Perbendaharaan menutup sambutannya, sambil membaca ayat yang dimaksud.

Selain dihadiri oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, acara buka bersama ini dihadiri para direktur, pejabat eselon 3, eselon 4 dan para pelaksana kantor pusat DJPBN. Sementara hadir sebagai penceramah adalah Ustadz H. Faisal Muhammad Ali Nurdin, Lc, MA, dosen Universitas Tazkiyah Bogor.

Di dalam ceramahnya, Ustadz Faisal mengajak para hadiri untuk meraih sukses dengan memahami kunci-kunci kesuksesan menurut Al Qur&rsquoan.

&ldquoAda empat kunci sukses menurut Al Qur&rsquoan,&rdquo kata Faisal Muhammad Ali Nurdin. &ldquoKunci sukses yang pertama dan paling utama adalah keimanan. Yaitu keimanan yang utuh. Apa yang ada di hati, apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan itu sinkron,&rdquo lanjut ustadz yang memperoleh gelar licence (Lc) dari LIPIA Jakarta ini. &ldquoIman yang benar itu, ada di mana-mana. Di kantor beriman, di pasar, atau di mana saja tetap beriman. Bagaimana jadinya seorang pedagang jika tidak didasari iman. Bagaimana jika seorang pemimpin tidak didasari iman,&rdquo lanjutnya.

&ldquoKunci sabar yang kedua adalah sabar,&rdquo kata ustadz yang menyelesaikan masternya di Universitas Al Azhar Mesir ini. &ldquoDalam bulan Ramadhan ini Allah melatih kita untuk bersabar. Selama satu bulan penuh kita belajar bersabar ini,&rdquo jelasnya.

&ldquoKunci yang ketiga adalah mengutamakan otak, bukan otot. Pakai kepala dinginlah dalam menyelesaikan masalah,&rdquo lanjutnya lagi. &ldquoSubhanallah, di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi ini, orang lebih gampang menggunakan kepala dingin dalam menghadapi setiap persoalan,&rdquo sambungnya sambil menukil sebuah hadist dari Rasulullah tentang perintah untuk bersabar dan mengatakan saya sedang berpuasa, jika di ada orang yang menantang untuk berkelai.

&ldquoKunci sukses yang terakhir adalah bersinergi, bersatu padu,&rdquo kata dosen Universitas Tazkiyah Bogor ini. &ldquoSubhanallah, di bulan Ramadhan ini bersatu padu ini menjadi fenomena yang terjadi di mana-mana. Lihat saja, di masjid-masjid, mushola-mushola kecil, selalu tersedia makanan berbuka puasa, cerminan dari bersatu padunya masyarakat. Bukti bahwa masyarakat bersinergi di bulan Ramadhan ini,&rdquo urainya lagi.

Keempat kunci sukses tersebut terdapat di dalam Al Qur&rsquoan surat Ali Imron ayat 200.

&ldquoWahai orang-orang yang beriman, bersabarlah, berkepala dinginlah, dan bersinergilah serta bertakwalah kepada Allah agar kamu semua menjadi orang-orang yang menang,&rdquo Al Qur&rsquoan, surat Ali Imron ayat 200.

Oleh : Bambang Kismanto &ndash Media Center Perbendaharaan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search