Kini, Giliran Rusia Belajar Pada Ditjen Perbendaharaan

Liputan Penyambutan Delegation Members of Federal Treasury of Russia
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Indonesia patut berbangga. Reformasi birokrasi yang sedang dilakukan khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dinilai berhasil. Hal ini tercermin dari dipilihnya Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Republik Indonesia sebagai tempat studi banding oleh Federal Treasury of Russia.

Senin, 27 September 2010, Direktorat Jenderal Perbendaharaan kedatangan tamu penting. Bertempat di Gedung Prijadi Praptosuhardjo II, komplek Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo, menyambut delegasi dari pemerintah Rusia. Tamu sebanyak enam orang yang tergabung dalam rombongan Federal Treasury of Russia, direncanakan akan melakukan studi banding tentang reformasi pengelolaan keuangan yang dilakukan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

&ldquoDulu kita (Direktorat Jenderal Perbendaharaan, red) melakukan kunjungan ke Rusia untuk belajar tentang perbendaharaan. Kini giliran mereka yang belajar kepada kita mengenai reformasi yang sudah kita lakukan,&rdquo kata Herry Purnomo, Direktur Jenderal Perbendaharaan di Jakarta, pada saat sambutan pembukaan Pembekalan Pejabat Eselon III Baru Angkatan II Tahun 2010 kemarin, setelah acara penyambutan delegasi Rusia. &ldquoKita perlu membuka hubungan dengan negara lain, agar kita tidak seperti katak dalam tempurung. Merasa puas dengan pencapaian kita sendiri,&rdquo lanjut beliau.

Dipilihnya hubungan dengan pemerintah Rusia karena di masa lalu negeri itu mempunyai banyak kemiripan dengan Indonesia. &ldquoDi Rusia, waktu dulu, kalau pemerintah sudah membuat sebuah keputusan, maka tak seorangpun boleh membantah. Sama dengan di negeri kita di jaman yang sama,&rdquo ungkap Herry Purnomo, &ldquoJadi kita jangan pernah merasa sendiri, masih banyak negara lain yang bersama kita, berjuang membangun sistem agar menjadi lebih baik,&rdquo lanjut beliau.

Delegasi dari Rusia dipimpin oleh Tarasov Matvey, Head of the Department of Methodology of the Federal Treasury. Lima orang yang bersamanya adalah, Gurovich Andrey, Head of Adminitrative Department Semenova Ekaterina, Deputy Head of Financial Forecasting and Single Treasury Account Department Guralnikov Sergey, Head of Regional Treasury Department in Krasnodar Region Zaripov Marat, Head of Regional Treasury Department in Tatarstan dan Furgalsky Felix, Expert of Regional Treasury Department in Moscow Region.

Rombongan tersebut diterima oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo didamping oleh Direktur Transformasi Perbendaharaan, Paruli Lubis, Direktur Sistem Manajemen Investasi, Anandy Wati, dan Direktur Pelasanaan Anggaran, Tri Buwono Tunggal serta beberapa pejabat eselon III di lingkungan kantor pusat Direktorat Jenderal Perebendaharaan. Selama sehari delegasi dari Rusia tersebut belajar bagaimana sistem perbendaharaan diterapkan di Indonesia, termasuk reformasi sistem perbendaharaan dan reformasi birokrasi yang telah berhasil dilaksanakan di negeri ini.

Untuk jalinan keakraban, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo, memberikan cenderamata kepada delegasi Rusia yang diterima langsung oleh pimpinan rombongan, Tarasov Matvey. Sebaliknya Tarasov Matney pun menyerahkan sebuah souvenir kepada Herry Punomo.

Dipilihnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai tempat studi banding oleh pemerintah Rusia dalam pengelolaan keuangan negara tentu menjadi sebuah kebanggaan. Memberikan makna yang sangat dalam bagi perjalanan reformasi pada organisasi terbesar kedua di Kementerian Keuangan ini. &ldquoKita tidak sendirian, kita tidak tertinggal dari negara lain,&rdquo kata Herry Purnomo saat menginformasikan kedatangan tamu penting tersebut pada pembekalan pejabat eselon  III kemarin di Jakarta.

Oleh : Bambang Kismanto, Sugeng Wistriono dan Tino A. Prabowo &ndash Media Center Perbendaharaan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search