Membumikan Semangat Hari Oeang, KPPN Palembang Gelar Lomba Cerdas Cermat Keuangan Negara

Palembang, djpbn.kemenkeu.go.id - Kemeriahan mewarnai Gedung Keuangan Negara Palembang Kamis (27/10), diramaikan oleh ratusan pelajar dari berbagai SMA/SMK Kota Palembang guna memberi dukungan pada tim sekolahnya masing-masing yang mengikuti Grand Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Keuangan Negara yang diselenggarakan oleh KPPN Palembang bersama Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan.

 

Lomba ini diadakan sebagai langkah konkrit untuk meningkatkan awareness para generasi muda untuk turut andil dan peduli terhadap perekonomian bangsa.

“LCC ini adalah langkah inovatif kami untuk membumikan semangat hari oeang kepada masyarakat, khususnya para pelajar” ujar Siti Rosidah Sundari, Kepala KPPN Palembang pada kesempatan itu.

Senada dengan itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel, Sudarso menyinggung pentingnya pemahaman akan APBN dalam membangun negara.

“APBN dan Keuangan Negara seyogyanya tidak hanya dipahami oleh kita (pegawai Kementerian Keuangan) sebagai praktisi dan pelaku di dalamnya, masyarakat juga harus paham, terlebih para generasi muda agar semangat membangun negeri juga dapat ditumbuhkan pada jiwa siswa dan siswi SMA yang ikut serta kali ini” demikian ungkap Sudarso yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan.

Lomba berlangsung selama dua hari pada 26 dan 27 Oktober 2016. Wawasan para pelajar SMA/SMK di wilayah Palembang dan sekitarnya diuji seputar proses bisnis pengelolaan keuangan negara, regulasi-regulasi terkait APBN, current issue perekonomian nasional, serta organisasi dan tata kerja Kementerian Keuangan. Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengikutsertakan dua belas SMA/SMK terbaik di Provinsi Sumatera Selatan untuk ambil bagian dalam penyisihan yang berlangsung pada Rabu (26/10) yang kemudian menghasilkan empat grand finalis.

Antusiasme peserta cukup beralasan. Selain berlatar minat untuk lebih memahami keuangan negara, trofi, bingkisan serta tabungan pendidikan dari sejumlah sponsor perbankan dan swasta dengan nilai yang cukup lumayan menjadi reward bagi para juara LCC. SMAN 6 Palembang tampil sebagai juara pertama, disusul runner up SMAN 17 Palembang, serta SMAN 3 Palembang dan SMKN 3 Palembang sebagai juara ketiga dan juara harapan.

Tidak hanya dari kalangan peserta dan sponsor, antusiasme dan sambutan positif atas lomba ini juga muncul dari sejumlah stakeholder setempat. Bonny Syafrian, Kepala Bidang Dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan agar lomba ini bisa dilaksanakan terus di masa mendatang.

“Kami sangat mendukung kompetisi antar sekolah semacam ini. Berkenalan lebih jauh dengan Kementerian Keuangan itu sangat penting. Peduli terhadap APBN saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Kami harapkan ini dapat terus terlaksana di tahun-tahun berikutnya” ujar Bonny menyambut baik suksesnya acara.

 

Oleh : Arya D.Rahmani, Kontributor KPPN Palembang

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search