Pesan Pak Dhe Karwo Kepada Kepala Daerah se-Jatim: Diperlukan Strategi Khusus Untuk Menyongsong Pencatan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual Tahun 2015

Liputan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD TA 2014 Lingkup Provinsi Jawa Timur

Surabaya, perbendaharaan.go.id,- Hari Selasa tanggal 17 Desember 2013 merupakan hari yang menjadi tonggak penanda bahwa para pengelola keuangan negara di wilayah Provinsi Jawa Timur akan memulai siklus pelaksanaan anggaran.

Pada hari itu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar acara “Penyerahan DIPA APBN dan DPA APBD Tahun 2014”, sebagai langkah akhir dari siklus perencanaan kegiatan dan anggaran Tahun 2014. Acara yang dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur serta segenap kepala satuan kerja unit instansi vertikal k/l dan kepala satuan kerja perangkat daerah, dilaksanakan di Aula Gedung Grahadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam pembukaan acara tersebut, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Pardiharto, menyampaikan bahwa jumlah alokasi dana APBN TA 2014 untuk Provinsi Jawa Timur sebesar Rp89,539 triliun. Jumlah tersebut meliputi Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp34,139 triliun yang dialokasikan kepada satuan kerja unit instansi vertikal k/l, serta Dana Transfer ke Daerah sebesar Rp55,4 triliun yang dialokasikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkup Provinsi Jawa Timur.


Selanjutnya Pardiharto juga menyampaikan beberapa langkah inovasi yang disiapkan untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran khususnya yang bersumber dari APBN TA 2014, yang diantaranya berupa proses penelaahan RKA yang dilaksanakan secara on-line dan juga penetapan DIPA TA 2014 tanpa blokir.

Penyerahan DIPA APBN dan DPA APBD TA 2014 lingkup wilayah Provinsi Jawa Timur dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur yang didampingi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur kepada Forum Pimpinan Daerah, para Kepala Daerah, serta para Kepala Dinas penerima DPA APBD.

Dalam sambutannya setelah menyerahkan DIPA dan DPA tahun 2014, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Soerkarwo, atau biasa dipanggil Pak dhe Karwo, meneruskan pesan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa sistem pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan berbasis akrual ditargetkan mulai diimplementasikan tahun 2015, sehingga tahun 2014 merupakan jembatan menuju sistem yang baru (akrual-red) yang sebelumnya masih menerapkan sistem cash toward accrual.

“Terkait perubahan yang demikian (sistem akrual-red), maka setiap kepala daerah wajib menyusun strategi terutama yang menyangkut upaya peningkatan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia” pesan Pak Dhe Karwo.

Sedangkan terkait dengan pelaksanaan anggaran tahun 2013 Pak dhe Karwo menyampaikan bahwa rendahnya penyerapan belanja modal TA 2013 untuk Provinsi Jawa Timur lebih dikarenakan perilaku rekanan yang rata-rata mengeluarkan tagihan di akhir tahun anggaran berjalan, karena lebih memprioritaskan penggunaan pinjaman dari bank daripada menggunakan dana APBD. Kemudian koordinasi antara SKPD juga menjadi faktor penghambat penyerapan Dana Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, maupun Urusan Bersama di Provinsi Jawa Timur. Lebih lanjut, Gubernur juga menghimbau agar setiap pengelola keuangan meningkatkan kualitas belanja dengan melakukan prioritasi belanja di sektor produktif (non konsumtif).

Dipenghujung sambutannya, Pak dhe Karwo mengingatkan bahwa TA 2014 merupakan tahun politik dimana nilai ambang kepekaan menjadi lebih tinggi. Dan untuk itu diminta sinergi dari semua pihak agar tetap menjaga momentum kondisi makro ekonomi Jawa Timur dengan pertumbuhan ekonomi dikisaran 6,8%-6,9%, yang bahkan melampaui tingkat pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada akhirnya, melalui momen penyerahan DIPA dan DPA TA 2014 diharapkan pokok-pokok kebijakan belanja pemerintah yang dituangkan dalam APBN TA 2014 dapat benar-benar efektif sehingga pada gilirannya dapat memajukan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita bangsa dan negara.

Oleh : kontributor Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search