Buku : Penanganan COVID-19 dan PEN Tahun 2020

Fungsi Perbendaharaan memegang peranan penting dalam perjalanan mengawal akuntabilitas berbagai kesuksesan kebijakan dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada tahun 2020. Pemerintah melalui instrumen APBN melakukan beberapa penyesuaian dalam rangka menyelamatkan perekonomian sekaligus menjaga agar kehidupan berbangsa dan bernegara tetap stabil di tengah guncangan dahsyat pandemi COVID-19.

Dinamisnya perubahan kebijakan pengelolaan keuangan sebagai respon yang cepat, adaptif, dan tidak biasa merupakan sebuah antithesis kegagapan atas masifnya penyebaran virus dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 ini. Langkah strategis yang diambil tentu dengan niat utama mempertahankan salah satu cita-cita pendiri bangsa sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum.

Oleh karena itu, pemahaman yang utuh atas berbagai kebijakan yang diambil Pemerintah disertai cerita kondisi dimulai dari sektor kesehatan hingga perekonomian global dan domestik, bagaimana kinerja realisasi anggaran, kolaborasi dengan para stakeholders yang terlibat, serta apa rencana dan upaya Pemerintah dalam memulihkan ekonomi pasca tahun 2020 menjadi sebuah keniscayaan. Dengan ciri khas tersebut, buku ini menjadi sebuah karya literasi yang dapat dinikmati oleh publik sehingga mampu menjadi satu bagian puzzle yang akan melengkapi keseluruhan puzzle khazanah literatur pada saat terjadi pandemi COVID-19 Tahun 2020.

Kami mengucapkan puji dan syukur kepada Allah S.W.T, Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga Buku Mengawal Akuntabilitas Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020 telah selesai disusun. Saya berharap buku ini tidak hanya sebagai sejarah textual yang akan dikenang oleh segenap insan Perbendaharaan, namun lebih dari itu, secara substansi buku ini mampu menjadi katalisator dari semangat generasi muda republik ini dalam menyongsong tantangan pengelolan keuangan negara pasca pandemi COVID-19 Tahun 2020.

Selain itu buku ini merupakan bentuk knowledge management dalam pengelolaan keuangan negara khususnya di masa pandemi sekaligus sebagai perwujudan Direktorat Jenderal Perbendaharaan menjadi world-class state treasury manager. Pada tataran perekonomian secara umum, buku ini juga diharapkan dapat berkontribusi sebagai historical literature untuk analisis ekonomi makro yang mampu menjadi khazanah alternatif oleh pimpinan dalam pengambilan kebijakan dalam pengelolaan keuangan negara sehingga kondisi fiskal dan moneter menjadi selalu solid dan sustain.

 

Dapat di download pada << link berikut >> .

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search