KOMPAKAN DUA TIGA

 

 

Kupang [28/09/2020], Senin Pagi, AKSI SASANDO (Aktifitas Motivasi Saling Sapa dan Do'a) dilaksanakan, dengan Bidang SKKI sebagai UIC.

AKSI SASANDO diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJPb Prov. NTT baik yang Working at Office (WAO) maupun via Zoom Meeting bagi yang mengikuti dari ruangan masing-masing guna tetap menjaga jarak dan kapasitas tempat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Gregorius Fahik Berek menjadi pembawa acara, sementara Doa dibawakan oleh Wihers Kana Wadu dan cerita motivasi oleh Kepala Seksi Proses Bisnis, Ali Maksum.Dalam sesi ini, Ali Maksum menyampaikan cerita yang berpesan bahwa kita sebagai manusia dalam memberi kepada orang lain janganlah mengharapkan apapun, ikhlas dalam memberi tanpa mengharapkan balasan yang sama.

Dalam Pesan Perubahan RBTK, Light House Team Kanwil DJPb Prov. NTT Yudhi Santoso mengutipnya dari buku karangan Emha Ainun Najib yang berjudul “Dari Pojok Sejarah”, yang mana berpesan “Segala sesuatu adalah manfaat, hikmah, keberuntungan, rahmat, dan pelajaran-pelajaran”.
Lalu dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT Lydia Kurniawati Christyana. Lydia kembali mengingatkan target-target dan komitmen minggu terakhir di bulan ini.

AKSI SASANDO diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Ditjen Perbendaharaan yang dipimpin oleh Sri Boelan.

Pada Sore harinya, Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lydia Kurniawati Christyana memimpin rapat pengendalian internal KPPN Kupang secara daring.

Pembahasan pengendalian internal ini penting karena sebaik apapun sebuah rekomendasi tidak akan ada gunanya apabila tidak ada sinergi serta empati dari semua pihak dalam melakukan tindak lanjut.

Lydia berpesan agar semua pegawai dan pejabat KPPN Kupang untuk rela dan ikhlas melakukan perubahan.

Kupang [29/09/2020], Morning Briefing pada KPPN Kupang selain dihadiri oleh para Pejabat dan Pegawai KPPN Kupang dihadiri juga oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana, Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto dan Kepala Seksi KI, Andi Setianto. Dalam arahannya, Lydia menyampaikan bahwa untuk mencapai Visi Organisasi diperlukan aksi, untuk melakukan aksi diperlukan kolaborasi.

Kehadiran Kepala Kantor Wilayah dan Kabid SKKI ini merupakan bentuk Kolaborasi dalam upaya mencapai visi. Menjelang berakhirnya Triwulan III ini diminta setiap unit di KPPN melakukan upaya konkrit serta melakukan mitigasi berbasis data. Selain itu diingatkan juga bahwa KPPN Kupang sebagai unit yang telah mendapatkan sertifikat Wilayah Bebas dari Korupsi agar mengimplementasikan Nilai-Nilai serta Budaya Kementerian Keuangan.
Pada siang harinya, Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana, memenuhi undangan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat, Imik Eko Putro dalam rangka Sharing Kebijakan Pembangunan Integritas untuk Pemantauan Kode Etik Pegawai yang diikuti oleh Kepala Bidang SKKI beserta Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat dan Kepala KPPN Mamuju yang dilakukan secara online menggunakan zoom meeting.

Dalam pemaparannya, Lydia menyampaikan kebijakan penegakan integritas di tengah pandemi dengan Motto Mengawal Integritas Tanpa Batas yaitu penegakan integritas harus berjalan tanpa batasan struktural, kultural, dan situasional dalam era new normal dengan sistem kerja yang baru dengan mengutamakan tools penegakan pencegahan daripada penindakan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Andi Setianto pada Kanwil DJPb Prov. NTT.
Morning Briefing pada KPPN Kupang selain dihadiri oleh para Pejabat dan Pegawai KPPN Kupang dihadiri juga oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana, Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto dan Kepala Seksi KI, Andi Setianto. Dalam arahannya, Lydia menyampaikan bahwa untuk mencapai Visi Organisasi diperlukan aksi, untuk melakukan aksi diperlukan kolaborasi.

Kehadiran Kepala Kantor Wilayah dan Kabid SKKI ini merupakan bentuk Kolaborasi dalam upaya mencapai visi. Menjelang berakhirnya Triwulan III ini diminta setiap unit di KPPN melakukan upaya konkrit serta melakukan mitigasi berbasis data. Selain itu diingatkan juga bahwa KPPN Kupang sebagai unit yang telah mendapatkan sertifikat Wilayah Bebas dari Korupsi agar mengimplementasikan Nilai-Nilai serta Budaya Kementerian Keuangan.

Di hari yang sama, Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT menyelenggarakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO). DKO ini dilaksanakan secara daring dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, para Kepala Bidang/Bagian, para kepala KPPN, serta para pejabat pengawas lingkup Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT. Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana dilanjutkan dengan paparan capaian IKU para kepala KPPN yang kemudian ditanggapi oleh para Kepala Bidang/Bagian. Lydia memaparkan rencana strategis DJPb periode 2020-2024 serta strategi dalam mencapai target kinerja, setiap penanggungjawab Indikator Kinerja Utama (IKU) harus dapat mengungkapkan secara jelas hal hal berikut: 1) apa isu kritis yang menjadi prioritas, 2) apa penyebab timbulnya hambatan, 3) langkah-langkah yang telah dilakukan, serta 4) rencana aksi yang akan diambil guna perbaikan tahap berikutnya.
Di tempat lain, berlangsung kegiatan Koordinasi Penyusunan LKPD Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, di Aula Kantor Bupati Sumba Barat di Waikabubak yang diikuti oleh pimpinan OPD Pemkab. Sumba Barat.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Kab. Sumba Barat, Drs. Semuel Pakereng, M.Si , yang didampingi oleh Pj. Sekda, Drs. Daniel B. Pabala.

Narasumber pertama, Kepala Bidang PAPK Kanwil DJPb Prov. NTT, Jamaluddin Ambo Dai menyampaikan Materi " Strategi Meraih Opini WTP ", yang memberikan tips dan strategi dalam penyusunan LKPD sampai pada proses dan pasca pemeriksaan oleh BPK.

Narasumber Kedua, Auditor Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Didit Eko Suparyanto, dengan Materi "Opini WDP berkaitan dengan Pengelolaan Aset Tetap", yang menjelaskan tentang prinsip pengelolaan aset tetap serta hasil temuan BPK terkait Aset Tetap.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Pj. Sekda Kab. Sumba Barat.

Kupang [30/9/2020], Mengakhiri Bulan September 2020, sore ini kembali dilaksanakan kegiatan Gugus Kendali Mutu (GKM) menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting, bertempat di Aula Lt.3 Kanwil DJPb Prov. NTT. Narasumber yakni Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis, M. Ali Maksum, dengan materi Pedoman Pembinaan dan Pelaksanaan Tugas KPPN.

Acara diakhiri dengan materi Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan, disampaikan oleh Light House Team, Yudi Santoso. Dengan tema "Sosial Kultural" melalui kisah Adam, Hawa, dan cucu keturunannya, dijadikan Tuhan berbagai suku-suku dan bangsa-bangsa, agar saling mengenal. Hal sederhana seperti mengenal rekan kerja yang mempunyai latar belakang yang berbeda tanpa kita sadari sudah mencerminkan sosial kultural.

Kupang [1/10/2020], Beberapa perwakilan pegawai dan PPNPN Kementerian Keuangan yang berada di Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang, pagi ini mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur secara virtual melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Setelah kegiatan upacara, Kepala Kanwil DJPb Provinsi NTT yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Prov NTT, Lydia Kurniawati Christyana menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta untuk selalu tetap memiliki hikmat pada saat upacara meskipun kondisi kita saat ini dalam keadaan pandemi. Selain itu juga Lydia mengingatkan agar selalu berkontribusi dalam mendorong Indonesia Maju sebagaimana tema Hari Kesaktian Pancasila 2020 “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila’’.

Pada bagian akhir sambutannya, Lydia kembali berpesan kepada seluruh peserta upacara agar selalu berdoa, prudent dan bijaksana dalam bekerja untuk menjaga ekonomi dan keuangan negara di masa pandemi, memiliki preparasi atau persiapan dalam bekerja sebagaimana budaya kerja di Kementerian Keuangan, serta selalu berpikir positif/positive thingking dalam situasi pandemi saat ini.
Di hari yang sama, Dalam rangka pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan Ultra Mikro (UMi) oleh Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) di Nusa Tenggara Timur, Kepala Kanwil DJPb Prov NTT, Lydia Kurniawati Christyana didampingi oleh Kepala Bidang PPA II, I Ketut Oka Widiasa, Kepala Seksi PPA II-A, Safaat Tri Widodo, dan Staf PPA II, Ferderikus Sianipar mengikuti Rapat secara virtual bersama PIP.

Di awal kegiatan, Direktur Kerjasama Pendanaan dan Pembiayaan PIP, Muhammad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJPb Prov NTT yang telah merespon dengan baik maksud dan tujuan terkait rencana kerjasama yang akan dilakukan PIP dengan Pemerintah Daerah di wilayah kerja Kanwil DJPb Prov NTT.

Kegiatan yang berlangsung aktif tersebut membahas hal-hal yang akan dilakukan oleh Kanwil DJPb Prov NTT sebagai inisiasi awal kepada Pemerintah Daerah terkait rencana kerjasama yang akan dilakukan PIP dengan Pemerintah Daerah dalam pengembangan usaha mikro melalui Pembiayaan UMi.

Kupang [02/10/2020], Kepala Kantor Wilayah DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana didampingi Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto mengunjungi KPPN Kupang dalam rangka evaluasi bersama pejabat dan pegawai Seksi Bank.

Lydia menyampaikan bahwa diperlukan langkah2 preventif dan komprehensif dalam menghadapi setiap permasalahan yang dihadapi. Hal ini perlu dilakukan supaya terwujudnya cita-cita KPPN Kupang dalam memberikan layanan yang prima kepada mitra satuan kerja.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search