KOMPAKAN DUA EMPAT

 

 

 

 

Kupang [05/10/2020], Kembali lagi di hari Senin. Waktunya AKSI SASANDO (Aktifitas Motivasi Saling Sapa dan Do'a) dilaksanakan, dengan Bidang PPA I sebagai UIC.
AKSI SASANDO diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJPb Prov. NTT baik yang Working at Office (WAO) maupun via Zoom Meeting bagi yang melaksanakan Work From Home (WFH) yang mengikuti dari rumah masing - masing.
M. Aznan Pratama Tabah menjadi pembawa acara, doa dibawakan oleh Kepala Seksi PPA I A, Yudi Santoso. sementara cerita motivasi oleh Kepala Seksi PPA I C, I Nyoman Wirjana. Dalam sesi ini, Wirjana menyampaikan cerita mengenai seorang anak raja yang sebelumnya selalu berdo’a dan bersyukur sebelum dan setelah makan, namun menyia-nyiakan makanannya. Akan tetapi ia mendapatkan pelajaran bahwa para petani yang memberikan beras kepada kerajaan sedang kesusahan di luar sana. Dari kejadian itu ia mendapatkan pelajaran bahwa janganlah menyia-nyiakan sebutir nasi, karena sebutir nasi itu dihasilkan dari sebuah proses yang panjang dan melelahkan.
Dalam Pesan Perubahan RBTK, Change Agent Kanwil DJPb Prov. NTT, Jamaluddin Ambo Dai mengutipnya dari seorang pegawai Sekertariat Jenderal Kementerian Keuangan sekaligus seorang Konten Kreator dan Film Maker, Ferry Irwandi yang berpesan “Luangkanlah waktu untuk mencari ide, bukan mencari ide di waktu luang”.
Pada kesempatan ini juga dilakukan dengan penandatanganan Kontrak Kinerja dan Pakta Integritas pegawai baru Kanwil DJPb Prov. NTT, Alfian Setiawan.
Pada kesempatannya, Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT Lydia Kurniawati Christyana melakukan evaluasi atas kepatuhan para pegawai dalam melaksanakan kewajiban pengisian fitur berbagai aplikasi seperti pada e DJPb, e kemenkeu, daftar hadir Aksi Sasando dan GKM dll.
AKSI SASANDO diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Ditjen Perbendaharaan yang dipimpin oleh Veronica Berlinda.

Di hari yang sama, Kepala Kantor Wilayah DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana didampingi Kepala Seksi Supervisi Proses Bisnis Bidang SKKI, M. Ali Maksum dan Kepala Seksi Penilaian Kinerja Bagian Umum, Prihono mengunjungi KPPN Kupang dalam rangka diskusi ringan dengan Seksi Bank dan Seksi Pencairan Dana.

Lydia menyampaikan hasil diskusi dengan Seksi Bank KPPN Kupang Jumat, 2 Oktober 2020 lalu yakni diperlukan langkah² yang efektif agar dapat meminimalkan SPM Retur supaya mewujudkan pelayanan yang prima kepada mitra satuan kerja.

Kemudian dilaksanakan roleplay alur pencairan dana, yakni dari proses SPM masuk sampai SP2D diterbitkan, untuk mengetahui tahapan apa yang perlu menjadi catatan. Peserta diskusi aktif memberikan tanggapan. Di akhir kegiatan dihasilkan langkah² yang harus dilakukan supaya SPM Retur dapat diminimalkan.

Kupang [06/10/2020] Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana bersama Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto menghadiri acara Morning Briefing di KPPN Kupang.

Acara diawali dengan laporan progres kegiatan dari masing-masing seksi/subbagian.

Dalam arahannya, Lydia mengingatkan para peserta talenta eselon 4 maupun eselon 3 untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mendoakan supaya ada peserta talent dari KPPN Kupang yang memenuhi syarat.

 

Kupang [06/10/2020] Di hari yang samadilaksanakan Ujian Kompetensi Teknis Calon Talent Pelaksana Tahun 2020 di Ruang Kerja Bidang SKKI Kanwil DJPb Prov. NTT.

Kepala Subbagian Kepegawaian, Priatna Saptayadi dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Andi Setianto mengawasi jalannya ujian tersebut.

Peserta ujian diantaranya adalah Dion Priawan Antariksa, Johanis Nggoluth, Marselina Luisa, dan Sufera Debora Masu yang merupakan pegawai dari KPPN Kupang.


Di hari yang sama,Dalam kapasitasnya sebagai anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi NTT, Kepala Kantor Wilayah DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana didampingi Kepala Bidang PPA II, I Ketut Oka Widiasa dan Kepala Seksi PPA IIA, Safaat Tri Widodo mengikuti rapat virtual dengan OJK.

Kegiatan tersebut membahas perkembangan program kerja TPAKD Provinsi NTT, diantaranya:
1. Perkembangan penyaluran Kredit merdeka oleh PT BPD NTT dan Kredit Super Mikro oleh PT BPR Modern Kupang.
2. Rencana pembentukan TPAKD di kab/kota yang belum ada.
3. Rencana fasilitasi dan intermediasi penyaluran UMi bagi UMKM.
4. Rencana pendampingan pengurus BUMDes Center dalam rangka digitalisasi.\

Di tempat lain, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Bulan Oktober 2020. DKO ini merupakan sarana pimpinan dalam melakukan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai dibawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan dilaksanakan setiap bulan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Para Kepala Bidang dan diikuti oleh semua Pejabat Pengawas.

Dalam DKO Bulan Oktober ini dimulai dengan paparan manajemen risiko oleh Kepala Bidang SKKI Nur Arif Wuryanto dan evaluasi dokumen pemenuhan implementasi zona integritas. Paparan selanjutnya tentang capaian kinerja dan rencana aksi yang disampaikan oleh para kepala bidang/bagian.

Setiap paparan diberikan tanggapan dan masukan oleh Kepala Kantor Wilayah untuk perbaikan. DKO yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan ini diharapkan dapat mengawal capaian-capaian IKU menuju sasaran strategis organisasi yang bermuara pada perwujudan visi dan misi organisasi.

Kupang [7/10/2020] Pada sore harinya, Dialog Publik dengan tema " Mengawal Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan di Tengah Pandemi" di stasiun pemersatu bangsa TVRI NTT bersama Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana, Change Agent Kanwil DJPb Prov. NTT, Jamaluddin Ambo Dai, dam direktur SP, Agung Yulianta.

Di siang hari, Sebagai penyegaran atas kemampuan Public Speaking, Kanwil DJPb Provinsi NTT mengadakan Refreshment Training : Public Speaking. Kegiatan ini ditujukan kepada para Lighthouse Team dan para CPNS yang baru ditempatkan dalam wilayah Kanwil DJPb Provinsi NTT. Bertindak sebagai narasumber adalah Change Agent Kanwil DJPb Provinsi NTT, Jamaluddin Ambo Dai yang juga pemegang Certified Digital Speaker (CDS). Sementara bertindak sebagai pembawa acara adalah Yudi Santosa, Lighthouse Team Kanwil DJPb Prov NTT.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana. Lydia berpesan kepada seluruh peserta untuk terus meningkatkan kemampuan Public Speaking karena sangat banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika seseorang memiliki kemampuan Public Speaking yang baik.

Dalam paparan materi, Jamal menguraikan Teknik Presentasi yang Memukau dengan mengoptimalkan 3 V yaitu Verbal, Voice dan Visual

Pada sore harinya. kembali diadakan kegiatan Gugus Kendali Mutu menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, bertempat di Aula Lt.3 Kanwil DJPb Prov. NTT.

Narasumber kali ini adalah Kepala Seksi PPA I-C, I Nyoman Wirjana. Wirjana menyampaikan materi terkait Administrasi Pengelolaan Hibah , yang merupakan salah satu layanan Kanwil DJPb Prov. NTT.

Selanjutnya materi RBTK disampaikan oleh Change Agent Kanwil DJPb Prov. NTT, Jamaluddin Ambo Dai. Jamal menyampaikan materi mengenai Digital Mindset.

 

Kupang [08/10/2020], Hari ini Kanwil DJPb Prov. NTT melaksanakan tiga kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan yaitu :

Kegiatan pertama, Rakor Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) oleh Bidang PPA I bersama 17 Satuan Kerja yang dipilih sebagai perwakilan di wilayah Prov. NTT.

Kegiatan Kedua, Ujian Kompetensi Teknis Talent Pejabat Pengawas Tahun 2020 di Ruang Kerja Bidang SKKI Kanwil DJPb Prov. NTT.

Kegiatan Ketiga, Kegiatan Penguatan Integritas DJPb Tahun 2020 melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diikuti oleh Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto didampingi Kepala KPPN Waingapu, Delfiana Lase serta Kepala Seksi KI, Andi Setianto.


Kupang [09/10/2020], Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana bersama Kepala Bidang PAPK, Jamaluddin Ambo Dai melakukan diskusi ringan dengan pejabat dan pegawai Seksi Vera KPPN Kupang.

Dalam diskusi dibahas beberapa hal terkait tugas di Seksi Vera diantaranya LPJ Bendahara dan Prosedur Pengisian Capaian Output pada Aplikasi e Rekon LK.

Lydia menegaskan 3 hal penting yang harus segera ditindaklanjuti yaitu : Penyusunan Timeline dalam penyelesaian tugas-tugas di Seksi Vera, Pembaharuan Database Profil Satker dan Penguatan edukasi kepada satker.

 

Kupang [09/10/2020] Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal Kanwil DJPb Prov. NTT melaksanakan kegiatan Monev Kuasa BUN, Implementasi SAKTI, dan Kepatuhan Internal.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang SKKI, Nur Arif Wuryanto, yang menyampaikan hasil Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Tugas Kuasa BUN Triwulan III 2020.

Selanjutnya Para Kepala Seksi di Bidang SKKI menyampaikan materi antara lain:

1. Hasil Monev Implementasi SAKTI Web Tahun 2020 Lingkup Kanwil DJPb Prov. NTT
2. Perdirjen Perbendaharaan Nomor Per-24/PB/2019 tentang Pedoman Pembinaan dan Supervisi Pelaksanaan Tugas KPPN
3. Kepdirjen Perbendahraan Nomor Kep-201/PB/2019 tentang Pedoman Penilaian Pelaksanaan Tugas KI

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search