Berita

Seputar Kanwil DJPb

Capacity Building: “Merawat Diri: Pikiran dan Hati, dalam Pandemi”

Sebagai bentuk kegiatan pengembangan diri para pegawai, Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara Batam menyelenggarakan kegiatan Capacity Building pada hari Jumat tanggal 17 September 2021 dengan tema “Merawat Diri: Pikiran dan Hati, dalam Pandemi”. Kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi dasar mengenai pengelolaan pikiran dan hati ini dilaksanakan secara online (daring) dengan mengundang narasumber dari Charisma Consulting yaitu Saudari Annisa Poedji Pratiwi, M.Psi., Psikolog.  Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh para pegawai dari KPPN Batam namun juga dihadiri oleh para pegawai yang ada di lingkungan Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau.

 

 

Berhadapan dengan psikolog bukan berarti kita sedang memiliki permasalahan hidup. Mungkin saja kondisi kita sedang baik-baik saja, bahagia, dan sehat. Kebutuhan akan layanan psikolog atau psikiater bisa saja ditujukan untuk mempertahankan bahkan untuk meningkatkan kualitas atau kesejahteraan hidup. Timbulnya pandemi COVID-19 memaksa seluruh pihak untuk melakukan berbagai penyesuaian termasuk dalam berperilaku.

 

Bapak Bayu Prabowo selaku Kepala KPPN Batam dalam sambutannya menyampaikan harapan semoga melalui kegiatan ini para pegawai dapat lebih mengenal dan memahami kondisi pribadi sehingga dapat mengelola emosi dan perilaku untuk memaksimalkan potensi diri serta mendorong terciptanya sinergi organisasi yang semakin berkualitas dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan sehari-hari.

 

Narasumber, Mbak Annisa, memulai penjelasan dengan memberikan pertanyaan pembuka terlebih dahulu mengenai bagaimana mengenal diri: apa yang sedang anda pikirkan, bagaimana perasaan anda, apa yang tubuh anda rasakan, kecenderungan perilaku apa yang ingin anda lakukan. Hal ini penting diketahui karena saling berhubungan satu dengan yang lain, ada stimulus dan konsekuensi dari pikiran, perasaan, kondisi tubuh, ataupun perilaku. Perubahan dalam hidup akan mendorong setiap individu untuk merespon apakah memilih untuk beradaptasi atau resiliensi. Mbak Annisa kemudian menjelaskan mengenai level of stress dan dampaknya kepada performance; bagaimana ciri-ciri individu yang mengalami distress dapat dilihat dari indikator kognitif, afektif, fisik, dan perilaku.

 

Sebagai bagian penutup penyampaian materi, Mbak Annisa menyampaikan tips bagaimana merawat diri dengan praktik mengelola diri dari stimulus, pikiran dan rasa, raga, dan relasi. Mengelola stimulus pancaindra melalui apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dicium, apa yang dikecap, dan apa yang diraba/dirasakan. Pikiran dan rasa dapat dikelola dengan berlatih mengatur napas, menyampaikan keluh kesah (curhat), journaling (menulis), berpikiran dengan fokus pada solusi, dan growth mindset. Mengelola raga dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, menjaga hidrasi tubuh dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, bergerak aktif, berjemur, dan konsisten untuk senantiasa hidup bersih. Relasi yang baik dikelola dengan senantiasa menghadirkan emosi positif, aktif mendengarkan, berupaya untuk bersikap asertif, terbuka untuk memberikan apresiasi dan memaafkan.

 

 

Setelah menyampaikan materi, Mbak Annisa membuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan berdiskusi dengan para peserta. Terdapat 7 (tujuh) peserta yang berpartisipasi menyampaikan pendapat dan pertanyaan di sesi ini. Sehubungan dengan keterbatasan waktu, acara ditutup tepat di akhir durasi dengan mendapatkan feedback yang baik dari para peserta: kegiatan berlangsung lancar, narasumber yang komunikatif dan berkompeten dalam penyampaian materi, dan jaringan internet yang tetap stabil dari awal sampai akhir acara. Penyelenggara kegiatan berkomitmen untuk mengadakan kegiatan yang lebih baik lagi pada kesempatan yang akan datang.

 

“Compassion for others begins with kindness to ourselves”, Pema Chodron.

 

-hesenpa-

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Batam
Jl. Raja Haji, Sekupang, Batam 29425
TELP.(0778) 324017
EMAIL: kppn.batam@kemenkeu.go.id; kppn137@gmail.com

IKUTI KAMI

Search

Book an appointment with KPPN Batam