Batam

Berita

Seputar KPPN Batam

Capacity Building “Mengenal Diri untuk Lebih Membangun Prestasi”

Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara Batam menyelenggarakan kegiatan Capacity Building pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 dengan tema “Mengenal Diri untuk Lebih Membangun Prestasi”. Kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi dasar mengenai pentingnya setiap pribadi untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan mengelola setiap kesempatan dan tantangan yang mungkin dapat dihadapi ini dilaksanakan secara online (daring) dengan mengundang narasumber dari Charisma Consulting yaitu Saudari Imelda Kurniawan Effendi, M.Psi., Psikolog.  

 

 

Perkembangan dan perubahan proses bisnis pada Kantor Pelayanan sangat cepat terjadi beberapa tahun terakhir sebagai bentuk adaptasi terkait kehadiran pandemi covid-19. Proses bisnis yang paling terlihat adalah pengalihan fungsi layanan, yang semula menerima dokumen pencairan/SPM yang dihantarkan langsung oleh Satker secara tatap muka, kini penyampaian dilaksanakan secara elektronik. Fungsi pembinaan dan pendampingan, yang semula banyak dilakukan secara tatap muka, kini sudah banyak dilaksanakan secara online. Sesuai dengan visi DJPb, menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia, penyesuaian dalam proses bisnis tersebut tentunya juga akan berdampak kepada peningkatan kebutuhan akan sumber daya manusia yang dituntut untuk semakin mudah untuk beradaptasi atas setiap perubahan dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan era digital.

 

Bapak Iwan Kurniawan selaku Kepala KPPN Batam dalam sambutannya menyampaikan harapan semoga melalui kegiatan ini para pegawai dapat lebih paham terkait kekuatan dan kelemahan diri sendiri serta semakin mampu untuk merespon setiap kesempatan dan tantangan yang mungkin dihadapi. Dengan memaksimalkan potensi diri diharapkan dapat mendorong terciptanya organisasi yang lebih berprestasi, semakin berkualitas dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan sehari-hari.

 

Narasumber, Mbak Imelda, memulai penjelasan dengan memberikan penjelasan mengenai latar belakang mengapa perlu untuk mengenali potensi diri pribadi. Hal tersebut didukung oleh perkembangan teknologi yang mendorong perubahan disegala faktor, lahirnya revolusi 4.0, sehingga membutuhkan SDM yang mumpuni untuk mengikuti tuntutan zaman. Sumber pengenalan diri adalah diri sendiri, orang lain, instrumen pengenalan diri (tes psikologi, skala sikap/perilaku, dsb) dan Sang Pencipta. Manfaat pengenalan diri adalah sebagai dasar untuk menilai diri yang objektif, dasar pengambilan keputusan, dan dasar aktualisasi diri. Hal yang menjadi penghambat dalam pengenalan diri adalah tidak jujur, tidak mau membuka diri untuk orang lain, tidak objektif dalam menilai orang lain/situasi yang dialami. Dinamika kehidupan juga akan mempengaruhi dalam mengenal diri yang lebih akurat dan konsep diri yang positif  akan mempengaruhi tindakan dan pilihan hidup. Pengembangan diri juga diharapkan dapat dilakukan secara kontinyu sehingga dapat memberikan hasil kesuksesan dan relasi yang baik dengan orang lain. Dalam mengembangkan diri, juga diperlukan untuk menetapkan perubahan yang perlu dilakukan, memperbaiki persepsi terhadap diri (objektif dan konstruktif), melakukan afirmasi dengan mengatakan pada diri sendiri berulang-ulang, dan melatih kebiasaan baru dengan tekun dan sabar. Mbak Imelda juga memberikan contoh mengenali diri dengan menggunakan alat tes DISC dan analisa SWOT, serta memberikan penjelasan terkait masing-masing karakter kepribadian tersebut.

 

Sembari menyampaikan materi, Mbak Imelda juga membuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan berdiskusi dengan para peserta. Beberapa peserta turut berpartisipasi menyampaikan pendapat dan pertanyaan di sesi ini. Sehubungan dengan keterbatasan waktu, acara ditutup tepat di akhir durasi dengan mendapatkan feedback yang baik dari para peserta: kegiatan berlangsung lancar, narasumber yang komunikatif dan berkompeten dalam penyampaian materi, dan jaringan internet yang tetap stabil dari awal sampai akhir acara. Penyelenggara kegiatan berkomitmen untuk mengadakan kegiatan yang lebih baik lagi pada kesempatan yang akan datang.

 

“Be yourself, know your power. Have confidence in what you have to contribute”, Nancy Pelosi.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Batam
Jl. Raja Haji, Sekupang, Batam 29425
TELP.(0778) 324017
EMAIL: kppn.batam@kemenkeu.go.id; kppn137@gmail.com

IKUTI KAMI

Search

Book an appointment with KPPN Batam