PENYERAHAN SERTIFIKAT ISO 9001:2015 OLEH KEPALA KANWIL DJPB PROVINSI BENGKULU

 

Foto: Penyerahan Sertifikat ISO di KPPN Bengkulu (Red.)

Hari Jumat siang di penghujung bulan November 2018, KPPN Bengkulu mendapat kunjungan dari Kepala Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu, Bapak Ismed Saputra. Kunjungan tersebut terbilang istimewa karena dilaksanakan dalam rangka penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 secara langsung oleh Bapak Ismed kepada Bapak Ahmad Fahmi selaku Kepala KPPN Bengkulu. Bertempat di ruangan pelayanan Front Office KPPN Bengkulu, acara seremonial tersebut berlangsung singkat dengan disaksikan oleh beberapa tamu mitra kerja yang sedang menunggu antrian pelayanan dari petugas FO KPPN Bengkulu.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan para petugas mitra kerja dan pegawai lingkup KPPN Bengkulu, dengan didampingi oleh Tim Bidang SKKI Kanwil DJPB, Bapak Ismed menyampaikan selamat dan apresiasi kepada KPPN Bengkulu yang telah menerima sertifikat SNI ISO 9001:2015. Sertifikat tersebut diberikan untuk Ruang Lingkup Pelayanan Perbendaharaan Negara dan dikeluarkan secara resmi oleh PT TUV Rheinland Indonesia yang merupakan assessor yang ditunjuk oleh Kantor Pusat DJPB. Sebelumnya, telah dilakukan proses Audit pada KPPN oleh Badan Sertifikasi Independen tersebut, dan dinyatakan bahwa KPPN termasuk KPPN Bengkulu dinyatakan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan SNI ISO 9001:2015.

Dalam arahannya, Kepala Kanwil yang belum lama ini mendapat penghargaan Terbaik I dalam Membangun Citra Positif Institusi DJPb di Daerah berharap agar KPPN Bengkulu dapat terus meningkatkan pelayanan dan berstandar internasional. Hal ini untuk menjawab harapan dan keinginan mitra kerja guna memberikan layanan yang semakin cepat dan semakin baik. Beliau juga berpesan bahwa meskipun telah mendapatkan sertifikat ISO, diharapkan kepada para mitra kerja agar tetap memberikan masukan dan laporan apabila masih terdapat pelayanan KPPN yang perlu diperbaiki. Petugas Mitra Kerja dapat memberi masukan melalui pengisian Survey Kepuasan Layanan yang dilakukan secara berkala. Mereka juga diminta agar jangan segan untuk datang ke KPPN apabila membutuhkan informasi pelayanan KPPN. Satker Mitra Kerja bisa memanfaatkan fasilitas Mini TLC yang telah tersedia di KPPN Bengkulu atau di Kanwil Ditjen Perbendaharaan sebagai tempat belajar terkait mekanisme pelaksanaan APBN dan operasional aplikasinya. Semuanya gratis, tanpa dipungut biaya.

Foto: Kepala Kanwil DJPB dan Kepala KPPN Bengkulu berfoto bersama Mitra Kerja yang sedang menunggu pelayanan petugas FO KPPN Bengkulu (Red.)   

Pencapaian yang diperoleh KPPN Bengkulu ini merupakan hasil dari proses yang cukup panjang yang harus dilaksanakan oleh KPPN Bengkulu dengan mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor KEP-151/PB/2018 tentang Pedoman Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Sebelumnya, KPPN Bengkulu juga telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008. Dalam rangka proses upgrade standar mutu layanan, KPPN Bengkulu menyusun Pedoman Mutu dengan Kebijakan Mutu yang dikenal dengan istilah “B-SPIRIT” yang merupakan akronim dari  Balance, Synergy, Improvement, Rule Follower, Impression dan Technology Utilization. Kebijakan mutu ini diharapkan agar menjadi ruh dan komitmen untuk senantiasa melakukan perbaikan secara berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu yang telah dikembangkan dengan tetap memperhatikan efektivitas penerapannya tanpa mengabaikan pemenuhan terhadap persyaratan standar dan peraturan perundang-undangan, yang menjadikan KPPN Bengkulu saat ini mendapat pengakuan SMM ISO 9001:2015.

Bravo KPPN Bengkulu !!

(Tim Redaksi)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search