KUNJUNGAN TIM PUG KPPN BENGKULU KE KANTOR BKKBN PROV. BENGKULU

Dalam rangka meningkatkan nilai-nilai PUG di KPPN Bengkulu, Tim PUG KPPN Bengkulu melakukan kunjungan ke BKKBN Provinsi Bengkulu pada hari Kamis, 27 Desember 2018. Kunjungan ini merupakan bagian dari salah satu program untuk menyukseskan implementasi PUG yaitu “Sharing to Improve” yang sudah diagendakan untuk dilaksanakan pada tahun 2018. Dalam kunjungannya, Tim PUG memperoleh berbagai informasi yang relevan untuk digunakan sebagai dasar dalam meningkatkan kualitas layanan PUG di KPPN Bengkulu.


Ditemui oleh salah satu unsur pimpinan kantor BKKBN Provinsi Bengkulu, Tim PUG mendapatkan cukup banyak informasi, termasuk penjelasan bahwa Gender merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Pembangunan Keluarga. Disebutkan bahwa seorang wanita baik yang bekerja maupun tidak bekerja (ibu rumah tangga) diharapkan tetap berperan aktif dalam membangun ekonomi keluarga. Idealnya seorang wanita bekerja mendapatkan akses fasilitas yang nyaman dan sesuai agar tetap bisa menjalankan tugasnya baik sebagai pegawai maupun perannya sebagai seorang ibu. Hal ini dapat diterapkan misalnya dengan disediakan fasilitas ruang menyusui dan ruang-ruang khusus. Di BKKBN sendiri terdapat unit PPKS yang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat diakses dan dimanfaatkan secara umum baik oleh pegawai maupun masyarakat luas, termasuak ruang konsultasi permasalahan terkait keluarga dan anak. Fasilitas dan kegiatan di dalamnya merupakan bagian dari “Program Pembangunan Keluarga”.


Pada kesempatan ini, Tim PUG juga mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai fasilitas yang dibangun di BKKBN dengan didampingi oleh petugas terkait, diantaranya ruang konsultasi, ruang Forum Gender, ruang kesehatan dengan dokter dan tenaga ahli psikologi dan arena bermain anak (playground). Fasilitas tersebut juga telah dilengkapi dengan promosi yang baik termasuk adanya berbagai banner dan flyer informasi pelaksanaan PUG. Tim PUG berharap dengan adanya kesempatan ini dapat memberikan referensi dan ide untuk dapat meningkatkan kualitas layanan PUG pada KPPN Bengkulu di waktu mendatang. Tim PUG berharap dapat melaksanakan kegiatan Seminar sarasehan di tahun 2019 yang dapat memperluas pengetahuan PUG bagi para pegawai dan/ mitra kerja KPPN Bengkulu dengan narasumber yang kompeten dari BKKBN.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search