Berita

Seputar Kanwil DJPb

LIPUTAN : BIMTEK Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Komprehensif Satuan Kerja Menggunakan Aplikasi SAIBA Lingkup KPPN Benteng Tahun 2017 Sukses dan Mantap.

Hari ini Kamis 12 Oktober 2017 bertempat di Aula Sapo Lohe KPPN Benteng, Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal mengadakan Bimbingan Teknis Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Komprehensif Satuan Kerja Menggunakan Aplikasi SAIBA. Acara dibuka secara resmi oleh Ikhwan Mahmud, Kepala KPPN Benteng pukul 09.00 WITA. Dalam sambutannya, Ikhwan Mahmud menyampaikan bahwa bimtek ini merupakan wujud nyata program Paperless dan Go Green yang dicanangkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan karena seluruh materi bimtek, pre-test, post-test, maupun kuesioner dilaksanakan secara online.

Setelah dilakukan PreTest, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal, Dardiansyah. Dalam  paparannya, beliau menjelaskan pentingnya penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Komprehensif sebagai sarana mengidentifikasi berbagai permasalahan dan mencari solusi terbaik guna mewujudkan LKKL  2017 yang lebih berkualitas. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Sigit Adi Waskito, Staff Front Office Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal KPPN Benteng. Narasumber memberikan bimbingan teknis terkait instalasi aplikasi satuan kerja yang digunakan untuk penyusunan Laporan Keuangan, baik Persediaan, SIMAK-BMN, maupun SAIBA. Selain itu, narasumber juga memberikan panduan terkait penyusunan dan tata cara penyajian laporan keuangan triwulan III komprehensif tahun 2017. Menjelang siang, peserta mendapatkan materi dari M.Andri Aulia selaku Treasury Management Representative. Andri atau yang biasa dipanggil Lulung, memberikan materi terkait Layanan HAI DJPBN dan Customer Service KPPN Benteng. Tak lupa Lulung juga memberikan bimbingan terkait tata cara penggunaan HAI-CSO DJPBN melalui OM SPAN.

Acara selanjutnya adalah post-test yang dilanjutkan dengan pengisian kuesioner secara online. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terlihat kenaikan nilai yang signifikan dan diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Lutfi dari satuan kerja KP2KP Benteng mendapatkan nilai pre-test terbaik, dan untuk hasil post-test terbaik direbut oleh Hendi dari satuan kerja Balai Taman Nasional Takabonerate.

Acara bimtek kali ini mendapatkan apresiasi dan respon positif dari satuan kerja dimana berdasarkan hasil kuesioner terlihat satuan kerja merasa puas dengan ilmu dan informasi yang diperoleh. ”Sangat baik dan membantu satuan kerja”, komentar salah seorang responden. Setelah pemberian hadiah kepada satker dengan hasil pre-test dan post-test terbaik, acara ditutup oleh Dardiansyah selaku Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal. Semoga bimbingan teknis ini menjadi langkah awal menuju Laporan Keuangan WTP yang lebih baik dan berkualitas. KPPN Benteng OK.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search