Berita

Seputar Kanwil DJPb

Treasury Goes To School : MAN Kepulauan Selayar

Perbendaharaaan Menyapa adalah kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan. Perbendaharaan Menyapa kali ini bertemakan Treasury Goes To School, kami melakukan kunjungan ke MAN Kepulauan Selayar. Kegiatan ini diselenggarakan 29 Januari 2019, mulai pukul 08.30 hingga 12.00 WITA, diikuti kurang lebih 100 siswa/siswi perwakilan dari kelas 10 dan 11.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memperkenalkan APBN dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan secara garis besar kepada masyarakat sekitar khususnya para siswa/siswi di MAN Kepulauan Selayar.

Kegiatan dipimpin oleh Bapak Ahmad Sudrajat selaku pembawa acara. Kegiatan dimulai dengan doa bersama yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak Sofanul Hidayatullah selaku Kepala MAN Kepulauan Selayar, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu penyampaian materi seputar APBN dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan oleh Bapak Ikhwan Mahmud selaku Kepala KPPN Benteng. Beliau menjelaskan bahwa KPPN selaku unit vertikal DJPB memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan dan perekonomian, salah satu contohnya yaitu fasiitas-fasilitas di daerah yang dibangun menggunakan DAK Fisik dan Dana Desa yang disalurkan melalui KPPN. Tak hanya itu, KPPN juga memiliki peran untuk pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil Pusat. Kegiatan selanjutnya yaitu cerdas cermat yang diikuti tiga kelompok siswa/siswi, pertanyaan yang diberikan yaitu seputar materi yang telah disampaikan oleh Bapak Ikhwan Mahmud. Siswa/siswi terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh perwakilan siswa/siswi. Kami sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk bersosialisasi di MAN Kepulauan Selayar, karena selain berbagi ilmu tentunya kami berbagi pengalaman dan keceriaan. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan siswa/siswi mengenai APBN dan DJPB, khususnya mengenai peran KPPN. Selain itu kami berharap siswa/siswi terus belejara dan meningkatkan pengetahuan agar menjadi orang-orang yang berguna bagi masyarakat dan negara.

(Refanny Tahta)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search