Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimbingan Teknis Capaian Output, Penyerahan Apresiasi, dan Public Campaign Pembangunan Zona Integritas

KPPN Benteng menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Capaian Output dan Reformulasi IKPA Tahun 2021 yang Dirangkaikan dengan Penyerahan Apresiasi atas Capaian IKPA Triwulan IV TA. 2020, Evaluasi Kinerja Layanan SP2D Tahun 2020, dan Public Campaign Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM pada KPPN Benteng, pada hari Jumat (12/3/2021) pukul 9.00 sampai 11.30.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid, yakni offline/tatap muka dan online. Kegiatan belum bisa dilaksanakan secara penuh dengan tatap muka dikarenakan masih belum terbebas sepenuhnya dari pandemi Covid-19. Kurang lebih terdapat 6 satuan kerja yang menghadiri kegiatan secara langsung, dengan masing-masing satuan kerja terdapat 2 pegawai yang mengikuti kegiatan. Selebihnya, kurang lebih 20 satuan kerja mengikuti kegiatann dari tempat masing-masing.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPPN Benteng, Sunaryo. Dalam pembukaannya, Sunaryo menyampaikan apresiasi atas upaya seluruh satker dalam pencapaian kinerja anggaran di tahun 2020, mengingat terdapat peningkatan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Selanjutnya acara dilanjut dengan penyerahan piagam penghargaan dan kartu KILAS PLUS 155 secara langsung oleh Kepala KPPN Benteng, yang merupakan kartu prioritas dalam pelayanan KPPN Benteng. Penghargaan diberikan atas nilai IKPA terbaik di 2020, yang dikategorikan ke dalam pagu besar dan kecil. Satuan kerja yang memperoleh penghargaan pada kategori pagu besar diurutkan sesuai peringkat:
1. UPP Jampea
2. Bandara Aroeppala
3. Polres Kepulauan Selayar

Sedangkan penerima penghargaan pada kategori pagu kecil diurutkan sesuai peringkat:
1. KPPN Benteng
2. Pengadilan Negeri Selayar
3. Pengadilan Agama Selayar

Selain menyerahkan piagam, dilakukan juga evaluasi atas kinerja layananan SP2D pada tahun 2020. Sesuai janji layanan KPPN, SPM diproses menjadi SP2D paling lama 1 jam. Tercatat, di tahun 2020 terdapat SP2D total sebanyak 4.339 SP2D, dan terdapat 6 SP2D yang penyelesaiannya lewat dari 1 jam. Atas keterlambatan janji layanan tersebut, diberikan juga kompensasi berupa Kartu KILAS PLUS 155 kepada 2 satuan kerja, yakni Bandara Aroeppala dan KPPN Benteng.

Selain itu, pada kesempatan ini KPPN Benteng juga melakukan Public Campaign Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM berupa penyematan pin dan peragaan yel-yel pembangunan zona integritas KPPN Benteng.

Acara dilanjut dengan penyampaian materi Reformulasi Penilaian IKPA Tahun 2021 oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS), Muslimin. Dalam pemaparan tersebut dijelaskan mengenai Perdirjen Perbendahraan Nomor PER-4/PB/2021.

Materi terakhir disampaikan oleh Fungsional PTPN KPPN Benteng, Ghaza Ariq Kadhafi. Materi yang diberikan adalah Bimbingan Teknis Pelaporan Capaian Output Tahun 2021. Dalam pemaparan tersebut disampaikan mekanisme dalam pelaporan capaian output atas penggunaan APBN, karena penggunaan APBN bukan hanya masalah penyerapan, namun juga capaian atas penggunaan anggarannya.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search