Berita

Seputar KPPN

Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Bendahara Tahun 2020 Gelombang III dan IV di KPPN Jakarta IV

Sesuai  dengan amanat Per-37/PB/2016 tentang petunjuk teknis sertifikasi bendahara pada satuan kerja pengelola anggaran pendapatan dan belanja negara, di tahun 2020 ini KPPN Jakarta IV kemudian diperintahkan untuk ikut serta membantu pelaksanaan ujian sertifikasi bendahara. Dalam hal ini KPPN Jakarta IV memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan sarana prasarana untuk memfasilitasi pelaksanaan ujian sertifikasi bendahara tersebut. Ujian sertifikasi bendahara ini kemudian dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Maret 2020 di Aula KPPN Jakarta IV. Peserta ujian sertifikasi bendahara merupakan pegawai yang berasal dari satker mitra kerja KPPN Jakarta IV. Sebanyak 33 satker hadir untuk mengikuti ujian ini. Ujian tersebut dilakukan dengan mekanisme Internet Based Test (IBT) dan Computer Base Test (CBT). Mekanisme tersebut dilakukan dengan menggunakan semantik mobile BPPK yang diakses dengan laptop masing-masing. Sebelumnya ujian dibuka oleh Pak Fauzi dan Pak Rachmat selaku perwakilan dari KPPN Jakarta IV.

Ujian ini sendiri dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB dan memuat ujian komprehensif. Hasil ujian sesi 1 menentukan satker yang dapat mengikuti ujian pada sesi 2. Dari 33 satker sebanyak 13 satker dinyatakan lulus dan berhak untuk menjalani ujian pada sesi 2. Ketiga belas satker tersebut selanjutnya akan mengikuti ujian sesi 2 yang dimulai pukul 14.00. Ujian sesi 2 merupakan ujian sertifikasi yang berisi seputar pengetahuan bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan. Pada ujian sesi 2, semua peserta sebanyak 13 satker dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikasi sebagai bendahara.

Dengan adanya sertifikasi bendahara ini diharapkan orang yang menempati posisi sebagai bendahara memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya serta dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kemudian bagi para peserta yang belum berhasil lulus ujian sertifikasi bendahara kali ini bisa mengikuti kesempatan berikutnya yaitu dengan segera mendaftar Kemenkeu Learning Center (KLC) dari awal dan kembali mengikuti pelatihan yang kemudian ujiannya akan dilaksanakan pada tanggal 24, 26, dan 27 Maret 2020.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search