Jl. A. Yani No. 134 Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah

Berita

Seputar KPPN

Digital Payment, Marketplace Pemerintah Memberdayakan UMKM

Semakin berkembangnya teknologi dan sistem pembayaran dibidang perbendaharaan, Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengembangkan sebuah platform yang mempermudah satuan kerja dalam melakukan transaksi pembelian melalui sistem digital marketplace yang disebut dengan Digipay (Digital Payment). Digipay merupakan sistem aplikasi pembayaran digital menggunakan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan/atau CMS Virtual Account yang dikembangkan oleh Kemenkeu bekerjasama dengan Bank Himbara. Ekosistemnya terbentuk dari Satker pengelola Uang Persediaan (UP) APBN dan vendor/toko/warung/dll (UMKM) dengan berbasis rekening pada suatu bank yang sama.

Penggunaan Digipay ini membawa dua misi besar. Pertama, Digipay digunakan untuk modernisasi pengelolaan kas negara melalui pemanfaatan digital payment. Kedua, misi Digipay adalah untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekaligus untuk mendorong serta memperkuat program bangga produk Indonesia. Seluruh proses pemesanan barang/jasa, pembayaran, serta pemungutan dan penyetoran pajak dilakukan oleh beberapa user yang berbeda dan dilakukan secara online melalui Digipay. Proses verifikasi dan validasi dari beberapa tahapan end-to-end process seluruhnya dilakukan secara online. Dengan demikian, Digipay mendorong transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang/jasa pemerintah.

Keunggulan Digipay adalah integrasi antara marketplace, digital payment, dan pemungutan atau pembayaran pajak. Satuan Kerja (satker) dapat melakukan pemesanan pembelian barang secara online dan pembayaran secara digital yang telah dilengkapi dengan pemungutan pajaknya. Digipay menghubungkan satker, vendor UMKM, perbankan, dan Bendahara Umum Negara dalam satu ekosistem.

Pada saat ini 38 dari 58 satuan kerja lingkup KPPN Luwuk sudah menjadi bagian dari Digital Payment baik pada Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI. KPPN Luwuk terus mendorong implementasi Digipay dengan memberikan pendampingan kepada satuan kerja dan bekerjasama dengan pihak Himbara untuk ikut mensukseskan peran Digipay sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya UMKM di daerah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search