BERITA

KPPN Madiun Gelar Stakeholder Day Guna optimalisasi APBN

Selasa 20 Agustus 2019  KPPN Madiun menggelar acara Stakeholder Day, tentang evaluasi pelaksanaan anggaran dan juga penganugerahan penghargaan, bertujuan untuk optimalisasi APBN menuju Madiun Raya sejahtera.

Acara ini di hadiri Bupati Madiun Ahmad Dawami,  Bupati Magetan  Suprawoto  dan  Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)  Satuan kerja Wilayah  Pembayaran KPPN Madiun  yang meliputi Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten  Ponorogo, Ngawi dan Magetan termasuk juga dari perbankkan serta instansi daerah lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan Tari Merak yang dipersembahkan oleh pegawai KPPN Madiun sebagai bentuk penyambutan kepada tamu undangan yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Ludiro selaku Kepala Kanwil Direktorat jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur. Hari ini kami selenggarakan event Satkeholder Day sebagai bentuk kepedulian KPPN Madiun agar bisa lebih meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan stakeholder serta memberikan penghargaan kepada satker di wilayah Madiun yang telah menunjukkan kinerja dengan baik  beliau juga menyatakan bahwa KPPN Madiun berupaya terus untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari waktu ke waktu. Namun hal tersebut tidak dapat tercapai tanpa partisipasi  dari stakeholder. Karenanya kegiatan ini diharapkan dapat memacu satker lainnya yang belum mendapatkan penghargaan untuk meningkatkan kualitas kinerjanya.

Kepala KPPN Madiun Ibu Kufti Jusmintari biasa dipanggil ibu Kufti pada acara ini juga menyampaikan tentang  Kriteria pemberian penghargaan kepada satuan kerja yang salah satunya adalah penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang dhitung berdasarkan nilai 12 indikator kinerja diantaranya Pengelolaan UP, Retur, penyampaian data kontrak, dll. Yang mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap regulasi, efektifitas dan efisiensi pelaksanaan aggaran. Satker melalui aplikasi OMSPAN yang bisa diakses melalui jaringan internet  kapan dan dimana saja dapat memantau nilai yang diperolehnya.  Sehingga satker dapat melihat perkembangan kinerja yang telah dilakukan dalam pelaksanaan anggaran sewaktu waktu.

Ditengah acara stakeholder day ini,   KPPN Madiun memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada satuan kerja. Ada 6  kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Pengelolaan DAK Fisik Tahun 2018, Pengelolaan Dana Desa Tahun 2018, Prosentase Nilai IKPA terbaik, 10 satker dengan nilai IKPA terbaik Semester I Tahun 2019 Ucapan  terima kasih dan penghargaan kepada instansi/satuan kerja dalam mewujudkan KPPN Madiun menuju Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Berokrasi Bersih Melayani, KPPN Madiun sebagai Kantor Pelayanan terbaik dan bentuk  Kerja Sama//MOU lainnya. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bpk Ludiro dan Ibu Kutfi Jusmintari.

Dalam Kesempatanm yang sama Bupati Kabupaten Madiun  Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan, apa yang tengah dilakukan dan diupayakan dalam mengoptimalkan APBN saat ini sudah sangat baik dan perlu mendapatkan apresiasi.

Instansi pemerintah hendaknya mendukung pengoptimalan APBN dengan sebaik-baiknya, agar  tujuan Madiun sejahtera tercapai," ungkap Ahmad Dawami, Kamis (22/08/2019).

Ia menambahkan, semakin baik APBN akan berdampak positif dan manfaatnya akan lebih dapat dirasakan oleh masyarakat. Dibutuhkan Kerjasama pemerintah daerah yang solid, berpengaruh pada pembangunan diwilayahnya.

Acara stakeholders day tahun 2019 ini ditutup dengan makan siang dan foto bersama.