Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pelatihan Penanggulangan Bencana Kebakaran

 

 

 

 

 

Madiun, 11/06/201 KPPN Madiun - Bencana kebakaran, merupakan salah satu risiko yang meskipun frekuensi terjadinya jarang, namun bisa mengakibatkan dampak yang sangat besar, sehingga diperlukan langkah-langkah mitigasi secara kontinyu. Salah satu langkah mitigasi yang telah dilakukan oleh KPPN Madiun adalah dengan melakukan pelatihan dan simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) kepada seluruh pegawai dan tenaga PPNPN di luar ruangan (out door).

Pelatihan dan simulasi peningkatan kompetensi pegawai ini diadakan pada hari Jumat (11/06) di Lapangan voli KPPN Madiun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kepala KPPN Madiun, Kutfi Jusmintari dalam pembukaanya menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi pegawai dalam bentuk pelatihan dan simulasi penggunaan APAR dapat memberikan pengetahuan yang lebih tentang jenis dan kegunaan masing-masing APAR, penyimpanan dan standar penempatan APAR, termasuk bahan yang digunakan sebagai pemadam api dalam APAR, misal air, foam/busa, powder/bubuk, CO2, atau zat kimia yang mempunyai sifat memadamkan api. "Semoga dengan pelatihan ini kita semua dapat lebih mawas diri didalam menghadapi kebakaran kebakaran dan dapat menggunakan  APAR sesuai standar yang telah ditentukan" pungkas Kutfi mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ini dipandu langsung Eko beserta tim dari CV. Eka Kirana. Eko menyampaikan petunjuk  mengenai perawatan dan pemeliharaan Tabung APAR, agar kondisi APAR senantiasa baik dan siap digunakan, teknik menggunakan membuka APAR dan teknik melakukan penyemprotan ke media kayu yang dibakar. petunjuk tersebut merupakan tindakan awal dalam menanggulangi musibah kebakaran. Seluruh pegawai dan tenaga PPNPN satu per satu melakukan praktik secara langsung dengan alat APAR yang tersedia. Kegiatan ini diakhiri sesi tanya jawab antara pegawai KPPN Madiun dengan instruktur sampai pukul 09.00 WIB.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search