Berita

Seputar Kanwil DJPb

Dialog Interaktif – Sosialisasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Madiun

 

 

 

 

 

Madiun, Kamis 19 Agustus 2021

17 Agustus 1945, Perjuangan Bangsa Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan Selamat Sentosa.. mengantarkan Rakyat Indonesia ke depan Pintu Gerbang Kemerdekaan Bangsa Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur…

Namun demikian, bukan berarti kita bisa berleha-leha menikmati kenyamanan hidup. Kita semua, masih harus terus berjuang mengisi Kemerdekaan, dengan terus berupaya berbuat danb memberikan yang terbaik bagi Negeri Tercinta Indonesia. Salah satu perjuangan kita saat ini adalah, perjuangan melawan dan memberantas penyakit yang bernama Penyuapan dan Korupsi..!

Sebagaimana kita ketahui bahwa implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 secara menyeluruh pada unit kerja di lingkup DJPb, tertuang dalam milestones DJPb tahun 2019-2024 yang menjadi salah satu prioritas utama untuk dilaksanakan.

KPPN Madiun yang telah diberi kehormatan besar sebagai unit kerja Piloting dalam implementasi dan sertifikasi  ISO 37001:2016, hal ini merupakan tanggungjawab besar dan kesempatan pembuktian bahwa KPPN (Dirjen Perbendaharaan) adalah institusi yang secara nyata menjadikan penyuapan sebagai musuh utama yang harus kita lawan. Mewujudkan organisasi yang bersih dan berintegritas adalah menjadi harga mati harus kita penuhi, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Kamis, 19 Agustus 2021, KPPN Madiun menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan kepada seluruh Satker mitra kerja lingkup KPPN Madiun yang dikemas dalam kegiatan Dialog Interaktif Anti Penyuapan. Kegiatan dilaksanakan secara Daring, dengan menghadirkan Narasumber Kepala KPPN Madiun Kutfi Jusmintari yang menyampaikan materi “Kebijakan Anti Penyuapan dan Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan(SMAP) pada KPPN Madiun, dan  Kepala Kejaksaan Negeri Kota Madiun: Bp. Bambang Panca W.H. menyampaikan materi “Pencegahan dan Pemberantasan Penyuapan/Korupsi”.  Dimoderatori oleh Kukuh Widodo (Kasi MSKI KPPN Madiun), dan mengundang seluruh Kepala Satker lingkup KPPN Madiun untuk mengikuti.

 

Dalam Penjelasannya Kepala KPPN Madiun, Kutfi Jusmintari menyatakan bahwa “kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya dalam rangka peningkatan pemahaman dan internalisasi budaya Anti Suap kepada seluruh instansi. Karena, budaya anti suap harus diterapkan oleh semua pihak untuk mewujudkan good government”.  Pada Kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Madiun, Bambang Panca WH menyampaikan dalam paparannya bahwa dampak korupsi merusak sistem tatanan masyarakat. Korupsi mengakibatkan penderitaan/kemiskinan sebagian besar masyarakat dalam berbagai sector, menyebabkan biaya ekonomi tinggi dan berbagai masalah social.  Untuk itu perlu peran masyarakat guna membantu upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, antara lain dengan melaporkan apabila mengetahui adanya tindakan penyuapan/korupsi. Pemberantasan korupsi perlu dilakukan dengan membangun sistem pengendalian, memperbaiki pelayanan publik, dan menciptakan aparatur pemerintah yang jujur. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan tips menghindari perbuatan koruptif yaitu: 1) Melaksanakan perintah agama dengan benar; 2) mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Equal Justice Law : “Kenali hukum, Jauhi Hukuman..!”.

Dengan Kegiatan ini diharapkan seluruh Satker mitra kerja KPPN Madiun dapat memahami dan turut berkomitmen secara aktif terhadap Anti Penyuapan. Dengan demikian penerapan SMAP pada KPPN Madiun dapat membawa dampak positif dan secara luas dapat meningkatkan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di semua sektor. Kegiatan berlangsung kurang lebih 2,5 jam dan berjalan dengan lancar.

KPPN Madiun, dengan penuh semangat akan terus membangun dan menjaga awareness seluruh pejabat dan pegawai terhadap pelaksanaan Implementasi SMAP ISO 37001:2016. Bersinergi dengan praktisi, Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan seluruh pihak dalam penerapan Implementasi SMAP ISO 37001:2016, dan menjadikan KPPN Madiun sebagai KPPN Pertama yang menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001: 2016 di Lingkup Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI.

 

Terapkan Manajemen Anti Suap…, Kita Siap..!

Jadi yang Pertama.., Kita Bisa..!

Tanpa Suap.., Tetap Sigap..!

Layanan Kelas Dunia.., bebas biaya…!!!

 

KPPN Madiun…, JoSSSS…!!

DJPB……. HANDAL….!!!

 

 

#KppnMadiunterapkanmanajemen antisuap

#kppnmadiunbebassuap

#djpbhandal

#kppnmadiunsukseskanPEN

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search