Deklarasi Implementasi PUG di KPPN Madiun

Daily Activity Duta PUG

 

Madiun, 17/03/2021 KPPN Madiun - Hari Rabu, 17 Maret 2021 merupakan hari ditandatanganinya Deklarasi Implementasi Pengarusutamaan Gender di KPPN Madiun. Deklarasi ini diikuti oleh 40 pegawai yang dipandu Ibu Rini Parwita Sari selaku Duta PUG KPPN Madiun. Acara diawali dengan sambutan Kepala KPPN Madiun, Ibu Kutfi Jusmintari. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang GKM ini merupakan tekad dan komitmen seluruh pegawai KPPN Madiun dalam mendukung implementasi Pengarusutamaan Gender.

Dengan berpegang teguh pada prinsip ”No one left behind”, diharapkan dengan adanya program PUG ini dapat meminimalisasi kesenjangan gender yang ada di KPPN. Hal ini dikarenakan Program PUG bukan hanya tentang laki-laki dan perempuan, namun juga tersedianya kesempatan yang adil dan merata bagi seluruh pegawai tanpa terkecuali.

Kebijakan Pengarusutamaan Gender meliputi kebijakan yang inklusif dan menyeluruh mulai dari perencanaan, penganggaran, penyediaan sarana dan prasarana sehingga dapat memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh semua elemen.

Penandatanganan deklarasi implentasi PUG KPPN Madiun diawali oleh Kepala KPPN, kemudian diikuti para Pejabat Pengawas dan dilanjutkan oleh seluruh  pegawai. Selepas penandatanganan deklarasi,  sekaligus dilakukan peresmian dan launching aplikasi GEMINI (Gender Mainstreaming Internalisation and Initiative). Aplikasi ini merupakan inovasi KPPN Madiun sebagai upaya internalisasi PUG kepada seluruh pegawai, yang disajikan dalam bentuk quiz dan menampilkan score tingkat pemahamannya.

Ditinjau dari segi sarana dan prasarana yang responsif gender, KPPN Madiun berupaya terus melakukan penyempurnaan sehingga kebermanfaatannya  dapat dirasakan oleh semua pihak. Diantaranya adalah perbaikan musholla KPPN Madiun sebagai tempat yang nyaman bagi laki-laki dan perempuan dalam melaksanakan ibadahnya. Penyediaan ruang istirahat pegawai yang dapat dirasakan manfaatnya di masa pandemi COVID-19 ini, sehingga diharapkan pegawai tidak perlu lagi menghabiskan waktu istirahatnya di rumah.

Dengan adanya komitmen pimpinan, internalisasi pegawai, dan penyediaan sarana prasarana yang responsif gender sebagai wujud implementasi dari Deklarasi Pengarusutamaan Gender di KPPN Madiun ini. “Atas semua inovasi dan inisiatif-inisiatif yang telah dilakukan, tujuan akhirnya adalah bagaimana agar kita dapat bekerja dengan aman dan nyaman sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik kita kepada kantor.” tutur Ibu Kutfi menutup sambutannya.

 

#KPPN Madiun Josss…

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search