Berita

Seputar KPPN Makassar II

Program Inovasi Layanan Bendahara Tanpa Kendala dan KAwal SKPP

Langkah Nyata KPPN Makassar II untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Masa New-Normal dan Mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Masih dalam nafas semangat reformasi birokrasi, KPPN Makassar II kembali melakukan kegiatan sebagai upaya menegaskan kembali komitmen dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Kali ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik/masyarakat.

Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar IIPada hari Senin, 22 Februari 2021, Tim Inovasi KPPN Makassar II berkesempatan melakukan presentasi kepada Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Sulsel serta jajaran insan perbendaharaan di lingkungan Kanwil DJPb Provinsi Sulsel, atas beberapa inovasi layanan KPPN Makassar II. Bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Sulsel, Tim Inovasi mempresentasikan 2 program inovasi yang telah dimplementasikan di lingkungan KPPN Makassar II. Kedua inovasi dimaksud adalah layanan Aplikasi BATALA (Bendahara Tanpa Kendala) dan layanan Aplikasi KAwal SKPP (Koreksi Awal Surat Keterangan Penghentian Pembayaran).

Inovasi BATALA merupakan inovasi untuk meningkatkan layanan dalam rangka mendukung layanan yang terkait dengan tugas dan fungsi Bendahara Pengeluaran/ Penerimaan. Pada saat ini meliputi mekanisme/ dukungan untuk pelaporan saldo rekening, dan penggunaan instrument transaksi non tunai yang dilakukan melalui internet banking, dan KKP. Inovasi ini terus dikembangkan dan diharapkan dapat diintegrasikan dengan beragam insiatif terkini meliputi sosialisasi dan implementasi pengadaan melalui marketplace, dan data dukung untuk dokumentasi tugas-tugas Bendahara. Sebagaimana diketahui saat ini bendahara merupakan pejabat fungsional yang memerlukan dukungan dokumentasi atas pelaporan pelaksanaan tugas dan kinerja. Implementasi inovasi dan aplikasi BATALA memperoleh respon yang sangat baik dari mitra kerja, baik berupa partisipasi pada implementasi maupun kontribusi dan pemanfaatan atas inovasi dimaksud.

 

 Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II

Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II
   

 

Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II

Sedangkan inovasi KAwal SKPP merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana pengajuan dan monitoring penyelesaian SKPP secara realtime, sehingga memberikan tata kelola yang mudah dan dapat mendukung layanan pengesahan SKPP yang cepat, akurat, dan transparan. Sebagai tambahan informasi, Aplikasi KAwal SKPP ini telah memperoleh hak cipta dari Kemenkumham pada bulan September 2020. Aplikasi KAwal SKPP juga telah dikembangkan sehingga dapat bersinergi dengan PT. Taspen, dalam penyiapan dokumen lebih dini untuk pembayaran THT dan hak pensiun bagi aparatur sipil negara yang telah memasuki masa purnabakti.

"Aplikasi ini luar biasa!". Demikian Bapak Syaiful, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan mengawali arahannya setelah menyimak presentasi produk inovasi layanan KPPN Makassar II. Beliau berharap pada kesempatan-kesempatan berikutnya diskusi dapat juga dilakukan untuk inovasi-inovasi lainnya. Untuk inovasi aplikasi BATALA dan KAwal SKPP, beliau memberikan arahan agar dapat segera dimanfaatkan seluruh KPPN di Sulsel. Beliau memberikan apresiasi atas koordinasi dan kerja sama dengan pihak-pihak pengguna dalam hal ini satker dan perbankan. Diharapkan dapat ditindaklanjuti dalam bentuk kesepakatan kerja sama/ MoU terkait pemanfaatan aplikasi tersebut. Sejak diimplementasikan inovasi aplikasi KAwal SKPP pada tahun 2020 telah mengesahkan SKPP sebanyak 2.275 SKPP dengan jenis –jenis SKPP diantarnya pengesahan SKPP Pindah sebanyak 1.702 pegawai, SKPP Pensiunan sebanyak 510 pegawai dan SKPP yang bersatus Meninggal sebanyak 63 pegawai.

 

 Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II

Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II Program Inovasi Layanan KAwal SKPP dan Bendahara Tanpa Kendala - KPPN Makassar II

 

Beliau juga menyampaikan potensi pemanfaatan aplikasi ini untuk oleh KPPN lain, tentunya dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan KPPN Makassar II dan sepengetahuan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulsel selaku unit Eselon II. Kepala Kanwil DJPb Prov. Sulsel menyampaikan bahwa upaya inovasi ini layak mendapat apresiasi, termasuk jika dimungkinkan apresiasi atas para pegawai yang terlibat langsung dalam menciptakan dan merealisasikan gagasan inovasi.  Hal ini sejalan dengan kontribusi inovasi layanan bagi organisasi dan mitra kerja. “Sehingga harus dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin. Jangan lupa bahagia!" tutup beliau.

 

Bravo KPPN Makassar II

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search