Pendaftaran SAKTI Mail
Kelompok Modul Pelaksanaan dan Pelaporan SAKTI akan diimplementasikan ke seluruh satker K/L (roll out) SAKTI mulai awal Tahun 2022. Pelaksanaan roll out SAKTI tersebut dimulai dengan penyampaian SPM Gaji Induk Bulan Januari 2022 yang dihasilkan dari Aplikasi SAKTI
Dasar Hukum
- Peraturan/Keputusan/Instruksi dari Menteri Keuangan :
- Instruksi Menteri Keuangan No. 955/IMK.05/2017 tentang Dukungan Implementasi Piloting SAKTI di Lingkungan Kementerian Keuangan
- Peraturan Menteri Keuangan No. 159/PMK.05/2018 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI
- Keputusan Menteri Keuangan No. 905/KMK.05/2018 tentang Perubahan atas KMK No. 962/KMK.05/2017 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI Tahap III
- Peraturan Menteri Keuangan No. 203/PMK.05/2019 tentang perubahan atas PMK No. 159/PMK.05/2018 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI
- Keputusan Menteri Keuangan No. 957/KMK.05/2019 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI Tahap IV
- Keputusan Menteri Keuangan No. 537/KMK.05/2020 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI Tahap V
- Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan :
- PER-38/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Komitmen SAKTI
- PER-39/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Bendahara SAKTI
- PER-40/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Pembayaran SAKTI
- PER-41/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Persediaan SAKTI
- PER-42/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Aset SAKTI
- PER-43/PB/2018 tentang Petunjuk Teknis Modul Akuntansi dan Pelaporan SAKTI
- Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan :
- S-51/PB/2021 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Roll Out Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Tahun 2021
Persyaratan
Syarat dan kelengkapan pengajuan Pendaftaran Email SAKTI (sakti.mail.go.id) khusus user yang belum memiliki email SAKTI:
- Form Pendaftaran Email SAKTI (dalam bentuk PDF bertandatangan)
- Form Pendaftaran Email SAKTI (dalam bentuk EXCEL)
Biaya
Rp. 0,- (nol rupiah) atau Tidak Dipungut Biaya
Waktu Penyelesaian
1 (satu) hari kerja setelah seluruh persyaratan diterima dengan lengkap dan benar