Berita

Seputar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong

5 Kali WTP, Terima Penghargaan Menteri Keuangan

Bupati Maybrat Drs. Bernard Sagrim, MM dianugerahi piagam penghargaan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, SE.M.Sc.P.hd atas prestasinya membawa Kabupaten Maybrat meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Papua Barat atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah Kabupaten Maybrat tahun anggaran 2019. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Keuangan Melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong, Juanda, di Kota Sorong, Sabtu (14/11).

Usai menerima penghargaan, Bernard Sagrim mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya tersebut merupakan tradisi yang setiap tahun dilakukan Kementerian Keuangan kepada kabupaten-kota dan provinsi yang berprestasi dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Khusus di Kabupaten Maybrat lanjut Sagrim, tahun ini (Laporan Keuangan Pemda Maybrat tahun 2019) adalah tahun kelima Kabupaten Maybrat mendapat opini WTP dari BPK RI.

“Puji Tuhan karena ini adalah tahun kelima Kabupaten Maybrat berturut-turut mendapat opini WTP dari BPK RI, sehingga atas prestasi tersebut, Ibu Menteri Keuangan dua tahun (2018-2019) berturut-turut menyerahkan piagam penghargaan yang diterima sekaligus di hari ini,” kata Sagrim kepada wartawan usai menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI.

Orang nomor satu di Kabupaten Maybrat ini menjelaskan, indikator penilaian mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban kegiatan dan anggaran telah sesuai ketentuan aturan yang berlaku. Walau demikian, Sagrim mengakui konflik ibukota Kabupaten Maybrat yang berlangsung selama dua tahun berimbas pada penyelenggaraan dan pembangunan yang tidak optimal. Kedepan, disisa masa kepemimpinannya, Sagrim bertekad mempertahankan dan lebih meningkatkan kinerja aparatur agar prestasi ini lebih di tingkatkan lagi.

Di kesempatan yang sama, Kepala KPPN Sorong, Juanda menyampaikan apresiasi atas torehan prestasi dalam sistem tata kelola keuangan pemerintah daerah yang baik dan benar. “Penghargaan ini diberikan bilamana kabupaten-kota dan provinsi berturut-turut lima kali mendapat opini WTP dari BPK RI atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah daerah,” kata Juanda sembari menambahkan bahwa dari 6 kabupaten-kota di Sorong Raya, hanya tiga kabupaten yang mendapat opini WTP beturut-turut yakni Kabupaten Sorong, Maybrat, dan Raja Ampat.

                            

Kontributor naskah : Kepala KPPN Sorong, Juanda, S.E., M.M.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search