Berita

Seputar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong

Dana Desa hadir mengantisipasi Pandemi

Alokasi Dana Desa yang dikelola oleh KPPN Sorong di Tahun 2021 adalah sebesar Rp764.237.423.000,- yang akan disalurkan ke 939 Rekening Kas Desa di Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Raja Ampat, Tambrauw dan Maybrat. Dalam penyalurannya, Pemerintah Daerah diwajibkan menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran, untuk Tahap I adalah Peraturan Kepala Daerah tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa setiap Desa, APBDesa, Surat Kuasa Pemindahbukuan Dana Desa dan Surat Pengantar dokumen persyaratan.

 

Untuk itu, KPPN Sorong secara aktif telah dan akan meningkatkan komunikasi dan koordinasi kepada pemda mitra kerja dalam rangka memperlancar penyaluran Dana Desa di Tahun 2021.

Prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 adalah untuk pemulihan ekonomi nasional dan pengembangan sektor prioritas sesuai dengan kewenangan desa.  Hal yang menjadi prioritas utama dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021 adalah Jaring Pengaman Sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat sebesar Rp300.000,- selama 12 bulan. Selain itu adalah kegiatan Padat Karya Tunai Desa, pembangunan secara swakelola, serta pembiayaan permodalan bagi BUMDes.

Melalui Dana Desa diharapkan dapat mendorong pembangunan, pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di daerah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

 

Penyerahan BLT Dana Desa

Kampung Bandonggwan
Distrik Sausapor Kab. Tambrauw

 

 

Kegiatan padat karya, pembangunan drainase

Kab. Sorong

 

 

Penyerahan BLT Dana Desa

Kampung Saonek
Distrik Waigeo Selatan
Kab. Raja Ampat