Berita

Seputar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong

Hadiri Sosialisasi Penyaluran DAK Fisik 2021

Sorong (9/3). Sebagai satker Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa, KPPN Sorong mengikuti acara Sosialisasi Penyaluran DAK Fisik TA 2021 secara daring. Acara yang digelar oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran DJPb ini dilaksanakan melalui zoom webinar dan diikuti oleh Kepala Bidang PPA 2, Kepala Seksi pada Kantor Wilayah, Kepala KPPN, Kepala Seksi Bank dan Operator penyaluran Dana Desa pada KPPN di seluruh bumi pertiwi.

Acara dibuka oleh Bapak Sudarso selaku Direktur Pelaksanaan Anggaran. Bertindak sebagai moderator adalah Bapak M. Irfan Surya Wardana. Sedangkan Narasumber terdiri dari berbagai unit organisasi dengan materi berbeda, yaitu Direktorat Pelaksanaan Anggaran terkait mekanisme penyaluran, Direktorat Transfer Dana Khusus (DJPK) mengenai Kebijakan DAK Fisik 2021 dan Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Perbendaharaan terkait Operasional aplikasi OMSPAN dan SAKTI.

Kebijakan DAK Fisik di Tahun 2021 adalah refocusing dan simplifikasi jenis, bidang, dan kegiatan fisik untuk pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan pemenuhan kesenjangan layanan dasar Pendidikan, Kesehatan dan Konektivitas, Peningkatan dan pemerataan penyediaan infrastruktur pelayanan publik dan Peningkatan sinergi dengan belanja K/L dan sumber dana lainnya. Selain itu, dalam rangka penanggulangan Covid-19, DAK Fisik diupayakan untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui pengutamaan metode padat karya.

Dalam penyalurannya, DAK Fisik masih berpedoman pada PMK Nomor 130/PMK.07/2019. Terdapat perubahan mekanisme penyaluran di tahun ini yaitu reviu APIP yang semula bersifat post reviu menjadi pra reviu. Reviu dilakukan setelah input data oleh user OPD dan sebelum approve oleh BPKAD. Hal tersebut dimaksudkan guna memperoleh keyakinan terbatas atas kebenaran input yang dilakukan oleh OPD.

Setelah sosialisasi ini, diharapkan informasi tersebut dapat diteruskan kepada Pemda mitra kerja KPPN Sorong. Semoga penyaluran DAK Fisik dapat segera terlaksana bagi Pemda mitra kerja Se-Sorong Raya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search