Ditjen Perbendaharaan Kembali Raih Penghargaan dalam Kompetisi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020

Jakarta, djpb,kemenkeu.go.id,- Ditjen Perbendaharaan kembali meraih penghargaan dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020. Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan (SIPANDU) milik Ditjen Perbendaharaan terpilih dalam Top 3 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Thun 2020 pada kategori Unit Pengelola Pelayanan terbaik. Penghargaan tersebut diterima Sekretaris Ditjen Perbendaharaan R.M. Wiwieng Handayaningsih secara langsung dari Ketua Ombudsman RI yang didampingi oleh Deputi II Kantor Staf Presiden, Ketua Tim Evaluasi Pelayanan Publik dan Chief of Party USAID CEGAH di Gedung Tribrata Jakarta, Rabu (25/11).

Ditjen Perbendaharaan berhasil mendapat penghargaaan ini setelah bersaing dengan 202 unit pada kategori Unit Pengelola Pelayanan. Kompetisi Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Indonesia yang digelar oleh Kementerian PANRB bersama Ombudsman RI dan Kantor Staf Presiden (KSP) serta didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) CEGAH.

Kompetisi inovasi pelayanan publik pada tahun 2020 ini menekankan kepada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda PBB yang diadopsi melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong setiap unit pelayanan untuk melahirkan terobosan inovasi dalam rangka penyedarhanaan proses bisnis terkait dengan pelayanan publik, mendorong implementasi inovasi terbaik untuk dapat diadopsi dan diadaptasi dalam skala nasional, dan memanfaatkan kanal-kanal informasi yang ada untuk diseminasi informasi pelayanan publik dan media pasrtisipasi aktif masyarakat. “Reformasi birokrasi yang kita inginkan harus dapat terwujud secara menyeluruh dari hulu ke hilir, sebagai ujungnya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai dengan harapan masyarakat melalui birokrasi yang lincah cepat mengambil keputusan dan lebih melayani” tegasnya.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, yang mengungkapkan pemberian penghargaan merupakan salah satu strategi untuk merangsang Kementerian/Lembaga dan daerah untuk menciptakan partisipasi publik, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menumbuhkan informasi pada berbagai sektor pemerintah. Kemenpan RB juga bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dalam melakukan penilaian sehingga penerima penghargaan akan mendapatkan insentif tambahan.


Kegiatan dengan agenda penyerahan penghargaan Top Invoasi Pelayanan Publik, Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dan Top Kompetisi Pengelola Pengaduan Pelayanan publik Tahun 2020 tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden RI (Virtual), Menteri PANRB, Kepala Staf Presiden, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Ombudsman RI, Duta Besar Jerman dan sejumlah Kepala Daerah. [tap]

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search