Pelantikan Pejabat Fungsional Pustakawan Terampil, Dorong Layanan Informasi kepada Internal dan Eksternal Organisasi Lebih Baik

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id - Semakin banyak tantangan yang dihadapi pustakawan di era new normal dan perkembangan teknologi informasi saat ini, antara lain dalam menyikapi perubahan, perkembangan teknologi informasi, berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra kerja dan profesi-profesi lain yang bermanfaat dalam memberikan informasi handal kepada pihak internal dan eksternal organisasi secara prudent. Hal tersebut mengemuka dalam sambutan Sekretaris Ditjen Perbendaharaan R.M Wiwieng Handayaningsih dalam pelantikan pejabat fungsional pustakawan terampil di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Jakarta, Selasa (19/01).

“Pustakawan, sebagai salah satu profesi yang besentuhan dengan informasi tentunya harus mengikuti perkembangan teknologi informasi agar dapat mengambil peran yang lebih besar dalam memberikan pelayanan kepada internal organisasi, guna pengambilan kebijakan, keputusan, dan menentukan langkah strategis lainnya, juga dituntut mampu memberikan layanan informasi kepada eksternal organisasi secara prudent,” ungkap Wiwieng Handayaningsih.

Wiwieng menambahkan bahwa tugas pejabat fungsional pustakawan terampil, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, antara lain  pengorganisasian dan pendayagunaan koleksi bahan pustaka atau sumber informasi, pemasyarakatan perpustakaan, dokumentasi dan Informasi. Pustakawan dituntut memiliki kompetensi personal yang mumpuni dalam pelayanannya, sebagai pemberi sumber informasi aktual, harus diimbangi dengan kemampuan fungsional terhadap kecakapan dalam bidang pengetahuan maupun teknologi.

Dalam acara pelantikan pejabat fungsional pustakawan terampil tersebut Sekretaris Ditjen Perbendaharaan R.M Wiwieng Handayaningsih didampingi oleh Kepala Bagian Lingkup Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan Novryan Noor Hanifan Muttaqien sebagai pejabat fungsional pustakawan terampil yang dilantik. Wiwieng menyampaikan harapan kepada pejabat fungsional pustakawan terampil yang baru saja dilantik agar membangun inisiatif untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam menciptakan terobosan-terobosan baru guna menyelesaikan tugas fungsi, dan mengantisipasi ketidakpastian tersebut. [DK]

 

      

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search