DJPb Benchmarking Implementasi Shared Service dan Kartu Kredit Pemerintah dari Kemenkeu Singapura

Sebagai tindak lanjut atas arahan Dirjen Perbendaharaan terkait benchmarking fungsi perbendaharaan pada negara maju, Direktorat Sistem Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan menginisiasi kerja sama dengan VITAL, salah satu departemen dalam Kementerian Keuangan Singapura, melalui kegiatan virtual sharing session dengan Kementerian Keuangan Singapura, Kamis (25/2). Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari VITAL menyampaikan materi terkait implementasi Shared Services dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) di Singapura.

“Sharing session is expected to advance Indonesia's treasury function, which focuses on people, governance, and technology. Also, this sharing session will enhance the public service to every stakeholder by transforming process and treasury governance following the best practice system,” ungkap Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan Saiful Islam dalam sambutannya.

Perwakilan Kementerian Keuangan Singapura menyambut baik inisiatif Ditjen Perbendaharaan dalam kesempatan tersebut. “As a close neighbour, it is important to exchange best practices, and learn from each other especially in professional area where both Finance Ministry face common challenges," sebut Deputy Chief Executive VITAL Mr Yuen Sai Kuan.

Dalam presentasinya, perwakilan dari VITAL menguraikan manfaat dan keunggulan yang sudah dirasakan dari penerapan Shared Services dan KKP di Singapura.

"We envision a Whole of Government (WOG) integrated shared service model that is efficient, reliable, effective, and user centric,” sebut Corporate Planning Assistant Director VITAL Ms Ellen Foo. Ke depannya, penerapan Shared Services diharapkan membuat institusi pemerintah semakin fokus pada tusi utama. “We aim to strengthen governance and free up capacity in agencies to enable them to better manage and focus on their core mission,” lanjut Ms Foo.

Adapun penerapan KKP di Singapura sejak bulan Desember 2013 telah memberikan banyak keuntungan, di antaranya dalam aspek akuntabilitas.

“The objectives of card payment solution are increasing visibility to analyse and streamline spend activities, improving compliance at point purchase through Merchant Category Code (MCC) controls, establishing alerts to any suspected fraud uses, etc,” tutur Procurement and Travel Services Assistant Director VITAL Ms Asha Zhang.

Kegiatan sharing session ini merupakan langkah awal kerja sama antara Ditjen Perbendaharaan dengan Kementerian Keuangan Singapura dan akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan lainnya untuk semakin meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pengelolaan keuangan negara. (LRN/MA)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search