Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Delegasi Kemenkeu Korsel Temui Wamenkeu, Diskusikan Pembangunan Next Generation SPAN

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara didampingi Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto menerima delegasi dari dari Korea Fiscal Information System (KFIS) dan Korea Development Institute (KDI) di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (23/08). Kedua instansi pemerintah dari Korea Selatan ini merupakan bagian dari The Ministry of Economic and Finance (MOEF) yang menyampaikan laporan final kegiatan Knowledge Sharing Program (KSP) terhadap proyek "Initial Research towards Enhancing Indonesia's IFMIS (Next Generation SPAN)".


Pada kesempatan tersebut, MOEF diwakili antara lain oleh mantan Kepala Biro Treasury Kyuyun Choi (Senior Advisor of KDI), Specialist pada Center for International Development KDI Taihe Lee (Project Manager of KDI) dan President of KFIS Yongjoo Park. Turut hadir di antaranya Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Sistem Informasi dan Teknologi, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Direktur Pelaksanaan Anggaran, Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, Direktur Sistem Perbendaharaan, serta Kepala Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan.

Dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan Senior Policy Dialogue di mana para pimpinan dari Kementerian Keuangan kedua negara bertukar pemikiran mengenai implementasi IFMIS di negara masing-masing. MOEF secara berkala mengadakan kerja sama dengan negara-negara lain sebagai ajang berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan keuangan pemerintah untuk pembangunan. Penelitian terkait SPAN Next Generation ini merupakan program kerja sama antara Kementerian Keuangan RI dan MOEF untuk periode 2021/2022.

Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) merupakan penerapan dari Integrated Financial Management Information System (IFMIS) di Indonesia. Setelah diluncurkan pada tahun 2015, SPAN dipandang perlu untuk terus diperkuat agar pengelolaan APBN dapat dilaksanakan secara makin optimal. IFMIS yang digunakan oleh Korea Selatan yaitu dBrain dipandang sebagai salah satu best practices untuk pengembangan SPAN. [LRN/DK]

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search